HeadlinesRadio

Catatan dari Pinggir Hutan Mahasiswa KPI

Foto Headlines: Foto bersama Mahasiswa KPI UIN Mataram yang tergabung dalam manajemen Radio Sinfoni FDIK setelah penanaman bibit mangrove, Desember 2021, di Kawasan Esensial Ekonomi Mangrove, Bagek Kembar, Sekotong, Lombok Barat. Penanaman mangrove didukung BKSDA NTB.

Subuh baru saja berganti, pagi di satu hari di Desember 2020. Kantor Desa Senggigi pun belum buka selebarnya karena petugas tak juga hadir. Sementara puluhan mahasiswa bersiap di halaman kantor sambil memilih dan memilah bibit pohon yang akan ditanam. Pada kenyataanya, tidak semua bibit pohon dalam kondisi baik saat akan ditanam.

Giat penanaman bibit pohon kayu-kayuan telah menjadi aktivitas mahasiswa Program Studi (Prodi) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram.  Aktivitas ini mendapat pehatian yang luas dari antarpihak. Bagi mahasiswa, penanaman pohon dapat sebagai hiburan dan sangat berguna.

Sejak tahun 2020 – 2022 penanaman terus berlangsung di berbagai tempat. Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Utara dan Lombok Timur. Penanaman dilakukan secara swadaya atau dibantu sebagian pihak. Meliputi biaya pengambilan bibit hingga pelaksanaan penanaman bibit pohon. Apresiasi mengalir dalam giat ini. Mulai dari kepala dinas hingga pengurus Kelompok Sadar Wisata. Mereka berharap kegiatan dapat terus berlangsung.

Baca Juga :  Media Center Indonesia MotoGP Mandalika 2022 Diresmikan

Teman sejawat atau kolega menjadi kekuatan utama  penanaman  pohon mahasiswa KPI. Sebagai mahasiswa, tak henti mengucap syukur atas dedikasi tersebut. Baik sejak hari pertama di Dusun Kerandangan hingga di Sekotong Barat, Desember 2022.

Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram bersiap melakukan penanaman pohon jenis Raju Mas pada Januari 2020, di depan Kantor Desa Senggigi, Kecamatan Batu Layar, Lombok Barat. Persiapan dilanjutkan dengan penanaman bibit di Taman Wisata Alam Kerandangan (TWA) Kerandangan, Senggigi, bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Nusa Tenggara Barat (NTB).

Program penanaman bibit pohon mahasiwa KPI merupakan implementasi kesepakatan dunia terhadap iklim global. Implementasi tersebut tergambar dalam beberapa foto bertema “Catatan dari Pinggir Hutan”. Yang juga menjadi manifestasi Prodi KPI Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) UIN Mataram.

Penanaman pohon jenis kayu-kayuan oleh mahasiswa KPI UIN Mataram dalam rangka praktik mata kuliah radio, Oktober 2022, di Desa Bilebante, Kecamatan Pringgarata, Lombok Tengah. Penenaman sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan bersama Pokdarwis Desa Bilebante.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *