HeadlinesRadio

Buku CSR Cocok Dibaca Akademis

ARSIP

Oleh: KONTRIBUTOR

Beberapa hari lalu, Sinfoni menurunkan berita tentang CSR atau Corporate Social Responsibility. Berawal dari dukungan Gramedia Lombok terhadap kegiatan bagibagibuku Sinfoni. Apa sebenarnya CSR itu? Nah, kebetulan, ada buku yang membahas tentang itu. Yang ditulis Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mataram saat ini Dr. Ir. H. Effendi Eko Saswito, MM.

Sebelum ke pengertian CSR, Effendi Eko Saswito lahir di Mataram, 6 Maret 1963, putra tunggal buah hati dari Bapak H. Damun Effendi (alm) dan Ibu Hj. Salmah (alm). Menamatkan kuliah di Fakultas Pertanian Universitas Mataram. Melanjutkan S3 pada program studi Doktral Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas 17 Agustus Surabaya.

PRIBADI

Dua tahun lalu, EKo Saswito menulis tentang CSR dan Pemberdayaan Masyarakat Teori, Model serta Impelementasinya di Kota Mataram. Dalam buku tersebut diterangkan, salah satu program pembangunan yang berkembang kala ini adalah dengan melibatkan swasta. Yaitu dilakukan dengan menggunakan model CSR. CSR ditujukan untuk mendorong terciptanya suatu permbangunan yang berkelanjutan (sustainable development).

Baca Juga :  Guru dan Semangat Bawa Alif ke luar Negeri

Manfaat CSR bagi pemerintah adalah dapat menciptakan hubungan baik antara pemerintah dan perusahaan. Dengan demikian program CSR dapat dilakukan melalui pembangunan pada pemberdayaan. Dalam konteks pemberdayaan, CSR merupakan bagian dari kebijakan perusahaan.

Pemerintah RI menganggap CSR tersebut penting dan diatur oleh Undang-undang No. 25 tahun 2007 pasal 15 ayat 1. Dimana perusahaan berkewajiban melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan. Pada ayat 2 dan terdapat sangsi administrative dan juga sanksi lainnya. Namun pengelolaan yang baik dengan kesadaran akan patner akan mengurangi problem pembangunan seperti kemiskinan.

Penjelasan di atas menunjukan pentingnya CSR bagi peningkatkan kesejahteraan sosial. Selanjutnya bagaimana dengan pelaksanaan CSR untuk masyarakat secara langsung dari perusahaan. Seperti niat bagi-bagi buku Gramedia melalui Radio Sinfoni.

Selengkapnya, Kreasi Muda bisa membacanya di dalam buku Pak Eko Saswito. Tersedia di Gramedia Lombok.

Editor: KONTRIBUTOR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *