HeadlinesKPI

Kelas Internasional KPI UIN Mataram Bersama Universitas UNISZA Malaysia

FOTO & BERITA RIZKIA

RADIO SINFONI, Mataram – Kegiatan kerja sama Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) UIN Mataram dengan Universitas Sultan Zainal Abidin (UNISZA) Malaysia, terlaksana secara kondusif pada hari ke–4 dengan agenda kuliah umum bersama salah satu kelas pada Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Kamis, (2/3/2023).

Kuliah umum kali ini membahas tentang Akulturasi dan Asimilasi serta Pengenalan Budaya Lombok dalam Perspektif Islam, yang dipresentasikan oleh Prof. Dr. Suprapto, M. Ag., selaku Dosen Pengampu mata kuliah Islam dan Budaya Lokal pada Prodi KPI.

Perkuliahan ini dimulai dari pukul 9.10–10.50 WITA dengan diikuti oleh 4 mahasiswa UNIZA dan 26 Mahasiswa KPI.

Perkuliahan ini mendapat antusias dari Mahasiswa UNISZA, yaitu Muhammad Afiq Idham bin Mohd Johari dan Nur Azwa Wahida Binti Mohd Nabawi. Mereka mengaku kagum dan semangat mendengarkan cara Dosen menjelaskan materi.

“Kami sangat kagum melihat cara dosen menyampaikan materi dengan pembawaan yang sangat ceria, sehingga membuat suasana kelas jadi tidak kaku. Melihat keaktifan mahasiswa UIN Mataram juga membuat kami menjadi semangat mengikuti proses perkuliahan,” ujar Afiq dan Azwa setelah proses perkuliahan berlangsung.

Baca Juga :  Seri Mengenal Hewan Insani Kids

Selain itu, Mahasiswa UNISZA Malaysia lainnya yaitu Nurul Husna binti Zaid dan Haeikal Faruki juga mengaku sangat terpukau melihat keberagaman budaya Lombok yang kental akan nuansa Islami.

“Kami sangat kagum, serta menjadi pengalaman pertama melihat keragaman budaya dan adat istiadat Lombok seperti gendang belek, nyongkolan, karena di Malaysia kami tidak pernah melihatnya, dan ini merupakan sesuatu hal yang baru yang kami dapat di Indonesia,” katanya.

Mereka juga merasa bersyukur dengan pengalaman yang mereka dapatkan selama berkegiatan bersama FDIK UIN Mataram.

“Pengalaman yang luar biasa dan banyak ilmu yang kami dapat pada proses perkuliahan maupun kegiatan yang kami ikuti selama empat hari ini,” tutup Nurul dan Haeikal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *