HeadlinesRadio

Hilal Ramadhan 1444 H Teramati Tim Stasiun Geofisika Mataram

Sumber: rri.co.id/mataram

Tim Hilal Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Nusa Tenggara Barat (NTB) Stasiun Geofisika (Stageo) Mataram menerangkan hilal 1 Ramadhan 1444 Hijriah teramati melalui teropong BMKG pada  pukul 18.45 WITA di Taman Wisata Loang Baloq, Kota Mataram. Pengamatan tersebut disiarkan pula melalui media Youtube milik Stageo Mataram.

Kepala Stageo Mataram Ardhianto Septiadhi, S.Si., mengatakan, saat pengamatan kondisi cuaca dalam kondisi cerah berawan. Matahari terbenam pada 18:25:40 WITA sedangkan Bulan pada  18:59:59 WITA.

“Observasi atau rukyat hilal ini untuk mengetahui awal bulan Ramadhan 1444 Hijriah,” kata Ardhianto, Rabu (22/3/2022).

Ardhianto menyatakan, sebelum menyampaikan laporan awal observasi hilal awal bulan Ramadhan 1444 H, tim BMKG akan disumpah oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama NTB. Laporan akan dikirim ke Jakarta sebagai materi keputusan Menteri Agama RI.

Dalam kesempatan sama disebutkan Ardhianto, teramatinya hilal di wilayah tengah Indonesia ini menjadi satu kesatuan dengan upaya pengamatan di wilayah lain, seperti wilayah barat Indonesia. Untuk wilayah tengah yang telah berhasil mengmati hilal adalah BMKG di Palu, Sulawesi Tengah.

Baca Juga :  Sinfoni Menggelar Pelatihan Konten Instagram

“Kita masih harus menunggu keputusan Menteri Agama untuk penentuan awal Ramadhan,” tutur Ardhianto.

Observasi hilal awal bulan Ramadhan 1444 H BMKG NTB di Loang Baloq bersama-sama dengan pejabat Kanwil Agama Provinsi NTB, akademisi prodi Ilmu Falaq Universitas Islam Negeri Mataram, dll.

 

Foto Headlines: Tim Rukyatul Hilal NTB

Pengutip: Kontributor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *