HeadlinesRadio

Di Balik Pesona Indah Gili Nanggu

FOTO ATIKA/KPI UIN MATARAM

Gili nanggu diperkirakan akan tenggelam dalam waktu mendatang. Bila tak ada usaha mitigasi bencana yang serius, tak perlu menunggu 10 tahun lagi, karena tahun depan pun bisa tenggelam oleh pengikisan daratan oleh air laut.

Banyaknya pohon yang rubuh di bibir pantai Gili Nanggu menjadi pertanda bahwa lingkungan Gili Nanggu dalam ancaman kerusakan yang parah. Ditambah lagi, bangunan tanggul yang ditujukan untuk menahan air ikut mengalami kerusakan dan menggangu keindahan Gili di selatan Pulau Lombok ini.

Tanggul-tanggul yang rusak, bibir pantai yang rusak tak mampu dibendung lagi. Penangakaran anak penyu yang semula sebagai penghibur wisatawan tak lagi menarik perhatian wisatawan. Semua seakan tersita kepada kerusakan pantai.

Gili Nanggu memiliki terumbu karang yang dihampiri oleh ikan-ikan yang cantik-cantik dan berbagam jenis. Banyak wisatawan yang terpukau dengan keindahan Gili Nanggu. Padahal pulau kecil ini sedang mengalami kesulitan akses air bersih sehingga itu penyebab beberapa wisatawan mengaku kurang nyaman, pun pengusaha boat. Selain kendala uaca.

Baca Juga :  KPI UIN Mataram Praktik Reportase di Senggigi

Akankah Gili Nanggu tenggelam? Di sini pendapat ilmiah berlaku, yakni hukum kekekalan energi. Mahasiswa KPI mencoba mengungkapnya dan melukiskan alternatif.

 

NASKAH: ATIKA/KPI UIN MATARAM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *