HeadlinesUINMA

UIN Buka Kuota 3.500 Mahasiswa Baru 2023

Reporter Radio Sinfoni tengah mewawancara Wakil Rektor I UIN Mataram Prof. Dr. H. Adi Fadli. Foto dan teks berita Japriani.

Mataram, Sinfoni — Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram membuka kuota 3.500 pendaftaran bagi Mahasiswa Baru (MABA) 2023.

UIN Mataram, salah satu Universitas Islam Negeri yang ada di Nusa Tenggara Barat, sehingga tahun ajaran baru tentu masing-masing Universitas menyiapkan strategi-strategi untuk mahasiswa baru, salah satunya UIN Mataram sendiri.

Kuota pendaftaran MABA tahun 2023 di UIN sendiri membuka sebanyak 3.500 kouta, ada tiga jalur yang disediakan pihak UIN, yaitu Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN), dan Mandiri.

Seperti yang disampaikan oleh Wakil Rektor I (WR) Prof. Dr. H. Adi Fadli, M. Ag bahwa kouta antara SPAN PTKIN dengan UM-PTKIN sama.

“Sekarang tahapan kedua, yang pertama SPAN-PTKIN sudah kita terima 1.300, dan UM-PTKIN juga 1.300 sama-sama 40%, kalau Mandiri besok setelah UM-PTKIN,” ujarnya.

Tahun lalu UIN Mataram menyiapkan kouta 3.150. Tentunya dengan kouta tahun sekarang 3.500 UIN menyiapkan ruangan-ruangan untuk MABA melakukan TES.

Baca Juga :  UIN Mataram Utus Delegasi Semnas, Pelantikan dan Rakernas DPP ASKOPIS 2022-2026

“Kita sudah siapkan delapan ruangan di TIPD, Leb Terpadu, Resech Center dan beberapa laiinnya. Mereka melakukan tes secara online tapi wajib datang dan mengikuti tes di ruangan yang kita sediakan,” sambungnya.

WR I berharap MABA yang akan masuk menjadikan UIN Mataram sebagai pilihan utama.

“Kita sangat berharap tentunya mereka adalah orang-orang yang kompeten yang bagus dan serius belajar di UIN, dan menjadikan UIN pilihan utama itu yang kita utamakan,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *