HeadlinesKPI

Diskominfotik Lombok Barat Gandeng UIN Mataram Bangun Desa Wujudkan Transformasi Digital

Foto dan Berita Siti Rengganis Marlya Agestani

RADIO SINFONI, Lombok Barat — UIN Mataram terus menggandeng berbagai pihak dalam membangun bangsa, yang dimulai dari masyarakat desa. Hal ini tercermin dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Partisipatif (KKP) selama 40 hari. Usai dilaksanakan KKP nantinya mahasiswa UIN Mataram akan melaksanakan PraktIk Kerja Lapangan (PKL) di sejumlah instansi/perusahaan/NGO/ dan komunitas lainnya sesuai dengan program studinya.
Menyambut pelaksanaan PKL Internasional, Nasional dan Regional yang akan dilaksanakan pada awal september hingga
Oktober 2023.

Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) UIN Mataram menjajaki peluang kerjasama dengan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Lombok Barat, untuk bersinergi dalam membangun desa di Lombok Barat dalam kegiatan-kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL), magang, pelatihan, penelitian, pengabdian masyarakat dan transformasi digital.

Pertemuan tersebut dilaksanakan di kantor Diskominfotik Lombok Barat, yang dihadiri Kadis Kominfotik Lombok Barat Ahad Legiarto, ST. M.Eng., Kabid IKP Arif Rachman, S.IP. Pranata Humas Radiananto. Sementara dari UIN Mataram, Dekan FDIK UIN Mataram Dr. M. Saleh, MA. didampingi Wakil Dekan III Bidang Lemahasiswaan dan Merjasama Dr. H. L. Ahmad Zainuri, MA., Ketua Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Dr. Najamuddin, M.SI., dan Sekretaris Panitia PKL Sahril Halim, M.I.Kom.

Baca Juga :  Komposisi Foto Jurnalistik Pasar Kebon Roek

Terdapat beberapa jumlah poin kerjasama yang disepakati di antaranya adalah; (1) Rencana kerjasama untuk membangun desa yang berada di Lombok Barat, dengan melibatkan mahasiswa dalam program PKL, (2) Peningkatan informasi dan literasi dalam membangun seluruh potensi desa yang sangat beragam di Lombok Barat, (3) Mahasiswa PKL diharapkan dapat mengisi website pada setiap desa dengan konten positif serta bersifat membangun bagi setiap desa di Lombok Barat. Adanya sinergitas antara UIN dan Kominfo secara berkesinambungan dalam jangka 5 tahun.

Sinergitas antara FDIK UIN Mataram dan Diskominfotik Lombok Barat diharapkan memunculkan kesinambungan program kerja yang dijalankan oleh instansi pemerintahan dan lembaga perguruan tinggi terutama dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dibutuhkan oleh masyarakat luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *