HeadlinesKPI

KPI A Adakan Podcast Bintang Galaksi Bertopik Generasi Zilenial: Bonus atau Bencana Demografi?

RADIO SINFONI, Mataram — KPI A angkatan 2021 mengadakan project perdana dalam mata kuliah Teknik Produksi Radio Praktik dengan mengambil proyek Podcast.

Kegiatan ini berlangsung di Lab Radio Laboratorium Terpadu Kampus UIN Mataram, Jempong. Narasumber dalam Podcast, Senin (16/10/2023), yakni dosen KPI FDIK Andri Kurniawan. Podcast dihadiri mahasiswa Kelas KPI A. Podcast bertopik “Generasi Zilenial: Bonus atau Bencana Demografi?”.

Podcast Bintang Galaksi membahas isu global yang tengah marak diperbincangkan. Utamanya pada generasi Zilenial Saat ini, kecenderungan atau otoritas mereka adalah mode digitalisasi, sehingga hal tersebut bisa menjadi modal menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi di masa depan seperti yang di sampaikan oleh Andri Kurniawan (narasumber).

“Digitalisasi yang kemudian hal itu menjadi modal untuk menghadapi masa yang akan datang, karena pemuda yang sekarang adalah pemimpin di masa mendatang,” ungkapnya.

Generasi Zilenial yang menjadi generasi yang digadang-gadang menjadi aktor utama di tahun 2045, di mana Indonesia mendapatkan bonus Demografi, berangkat dari tema tersebut seperti yang disampaikan oleh Ketua Panitia Podcast.

Baca Juga :  Potret Murah Meriah di Jalan Udayana

“Alasan kenapa KPI A mengusung tema berkaitan dengan Gen-Z itu ada beberapa hal, pertama karena kami merupakan generasi tersebut, dan generasi Zilenial, dari latar belakang itulah KPI A mengambil tema tersebut yang sekaligus menghubungkan Gen-Z dengan bonus demografi Indonesia,” ungkap Syarifa Salsabila.

Persiapan yang telah dilakukan oleh KPI A mulai dari Pra Produksi sampai dengan produksi adalah dengan pembagian masing-masing divisi yaitu Koordinator Lapangan (Korlap), Tim Reporter, Tim Media, dan Presenter.

“Lumayan rinci, ada penentuan devisi, pembagian job desk, dan beberapa kendala, tapi alhamdulillah projek ini dapat berjalan dengan lancar,” tutupnya.

Mata Kuliah Teknik Produksi Radio Teknik pada masa praktik di Semester V membahas konvergensi media karena tuntunan zaman, seperti yang disampaikan Agus Santhosa, Dosen Pengampu MK Teknik Produksi Radio Praktik Semester V TA 2023/2024 yang menjelaskan bahwa radio adalah media yang paling adaptif.

“Saat ini konten-konten berupa visual jauh lebih diminati, oleh sebab itu salah satu cara untuk meng-update adalah dengan menggabungkan antara audio dan visual agar lebih menarik dan diminati,” ujarnya.

Baca Juga :  Wisudawan Terbaik Program S3 UIN Mataram

Penulis : Tim Reporter KPI A

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *