HeadlinesKPI

Anggota Baru Sinfoni Dapat Pelatihan Reportase

RADIO SINFONI, Mataram – Materi reportase dalam setiap forum diskursus sangat membantu mahasiswa, calon reporter, dan masyarakat umum, lebih khusus untuk para anggota baru Radio Sinfoni 2023.

Teknik Reportase disampaikan oleh dosen pengampu mata kuliah Teknik Produksi Radio di program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) UIN Mataram sekaligus pembina Radio Sinfoni, Agus Santhosa. Materi ini merupakan materi pertama pilihan untuk para penyiar Radio Sinfoni dalam agenda Pelatihan Jurnalistik Radio Sinfoni 2023. Pelatihan ini digelar di Ruang Meeting Perpustakaan dan ICT Center, Kampus II UIN Mataram.

Penyampaian materi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman baru kepada mahasiswa khususnya anggota baru Radio Sinfoni mengenai konsep Teknik Reportase serta penguasaan secara komperenshif praktek Reportase, sehingga dapat menghasilkan produk Jurnalistik yang berkualitas. Dalam materi tersebut dijelaskan juga sejarah RRI dan Radio Sinfoni dalam bentuk cerita (story telling), serta teknik-teknik sederhana dalam melakukan praktik Reportase di lapangan.

Secara spesifik Agus menyampaikan dalam pemaparan materinya tentang dapur kreatif Teknik Reportase Radio yang akan sangat bermanfaat bagi para peserta pelatihan.

Baca Juga :  UIN Mataram Wisuda 1.261 Mahasiswa di Wisuda Ke-46

“Banyak yang belum tau tentang teknik pengemasan informasi pada saat melakukan Reportase, yang orang tau hanya teknik Announcer saja, akan tetapi ada Teknik Reportase untuk mengolah informasi dengan teknik yang luar biasa dan orang yang luar biasa,” ujarnya

“Harapannya kalian mendapat pemahaman baru tentang radio,” harapnya sebagai tambahan.

Kelebihan dari aktivitas Reportase adalah teknik yang begitu kompleks, sehingga konteksnya lebih mudah dipahami. Dalam penyampain materinya dipaparkan juga contoh-contoh konkrit Teknik Reportase yang memudahkan para peserta dalam memahami dan mempelajarinya.

PENULIS:DIAN FERDINAWAN
EDITOR: SYARIFA SALSABILA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *