HeadlinesKPI

Sinfoni Sajikan Informasi Berkualitas

RADIO SINFONI, Mataram – Menulis sebuah karya berita yang aktual merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh para calon Jurnalis muda, terkhususnya untuk para crew Radio Sinfoni sebagai upaya untuk menyajikan informasi yang berkualitas bagi masyarakat.

Dalam langkah untuk membangun kualitas Jurnalis muda di Radio Sinfoni, materi ‘Teknik Menulis Berita dan Analisis Berita Hoax’ menjadi topik pembahasan yang penting dalam Pelatihan Jurnalistik Radio Sinfoni 2023. Pelatihan diselenggarakan di Ruangan Meeting Perpustakaan dan ICT Center, Kampus II UIN Mataram, Senin (6/11/2023).

Penyampaian materi ini memaparkan bagaimana teknik bagi seorang Jurnalis dalam menulis sebuah karya berita yang aktual dan mudah dipahami, mulai dari cara menentukan angel berita yang layak, penentuan judul yang singkat tapi menarik pembaca, serta teknik-teknik penulisan berita yang membuat kemampuan para peserta pelatihan Jurnalistik menjadi lebih mahir dalam menulis berita. Penyampaian materi yang menggunakan bahasa sederhana membuat para peserta mudah memahami materi yang disampaikan. Pemateri juga menjelaskan tips dan trik untuk teknik meng-upload berita di website agar berita yang ditulis menarik untuk dibaca.

Baca Juga :  Launching Kegiatan Posyandu Hewan Ternak Desa Sembung

Materi ini disampaikan oleh Ketua AJI (Aliansi Jurnalis Indonesia) Mataram atau Trainer Google News Annitiative AJI, Muhammad Kasim yang juga merangkap sebagai Jurnalis Senior di Suara NTB.com.

Lebih lanjut Kasim memberikan pemahaman kepada para peserta tentang konsep bertarung dengan gagasan sehingga menghasilkan tulisan.

“Kita berawal dari melihat realitas, selanjutnya dibungkus dengan inspirasi. Dari inspirasi ini akan kita olah menjadi sebuah ide yang dituang menjadi tulisan,” ujarnya saat memaparkan materi.

Kasim juga menambahkan bahwa seorang Jurnalis harus cepat dan cekatan dalam menulis berita serta tahan terhadap tekanan atasan yang memerintah.

“Kemampuan menulis cepat dan tepat juga harus dimiliki oleh seorang jurnalis, yang ditulis sehari setidaknya ada lima berita,” lanjutnya.

Materi yang disampaikan juga memuat teknik dalam menganalisis berita hoax yang begitu banyak tersebar, dalam penyampaiannya terdapat cara mengenal hoax dengan baik serta apa saja alasan berita hoax terjadi, dan sekaligus mengajak untuk sama-sama memberantas berita hoax.

“Ada salah satu trik unik dalam menganalisis hoax diantaranya menggunakan analisis website dengan melihat data-data yang disampaikan, dan saya mengajak teman-teman dengan materi yang disampaikan ini untuk sama-sama melawan hoax,” tutup Kasim.

Baca Juga :  Talkshow Refreshment Menuju Sukses Akademik Versi Perempuan

Salah satu peserta dalam pelatihan tersebut, Aziz mengatakan bahwa materi teknik penulisan berita ini sangat bermanfaat bagi kami yang ingin mengembangkan kualitas menulis kami.

“Kami sangat beruntung mendapatkan pelatihan seperti ini, selain penyampaian pemateri yang mudah dipahami, kami juga tau bagaimana menulis berita yang benar dan cara menganalisis berita hoax,” ucapnya.

PENULIS: DIAN FERDINAWAN
EDITOR: SYARIFA SALSABILA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *