HeadlinesKPI

Kunjungan Mahasiswa KPI UIN Mataram ke Radio Insania

RADIO SINFONI, MATARAM — Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) yang tergabung dalam kelas KPI C mengadakan kunjungan media ke salah satu radio yang ada di Nusa Tenggara Barat yaitu Radio Insania FM Mataram pada, Jumat (15/12/2023). Tujuan kunjungan ini menjadi salah satu bagian dari kegiatan mata kuliah Teknik Produksi Radio (Praktik) yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan mahasiswa lebih dalam mengenai seluk-beluk dan ilmu di dunia penyiaran serta mempelajari manajemen yang ada pada Radio Insania FM.

Radio Insania FM Mataram adalah stasiun radio berjaringan di Indonesia yang berdiri secara resmi tahun 2018 sesuai keputusan Kementerian Komunikasi dan Informatika tentang izin penyelenggaraan penyiaran swasta dengan tagline Jaringan Radio Kemanusiaan, Pendidikan, dan Kebudayaan.

Dalam format penyiarannya, Radio Insania FM Mataram berfokus pada pembahasan terkait program pendidikan dan kebudayaan. Hal ini dapat dilihat dari pengemasan musik yang keseluruhannya menggunakan musik etnis/ tradisional serta program-program nya yang banyak melibatkan mahasiswa dan dosen dari berbagai universitas, aktivis, komunitas lokal dan sejenis nya.

Baca Juga :  Masjid dan Penutur Bahasa Banjar Bukti Keberadaan Orang Banjar di Ampenan

Dedikasinya yang begitu besar dalam menyiarkan berbagai kebudayaan di NTB dengan kualitas terbaik berhasil membawa Radio Insania FM Mataram memenangkan penghargaan dari KPI D Awards dalam Kategori Radio Program Budaya terbaik di Anugerah Penyiaran KPID NTB 2023.

Selain itu, Alfian Budiman selaku Program Direktur di Radio Insania FM juga menjelaskan mengenai pentingnya pengemasan siaran yang unik dan kreatif, dimana hal ini dapat menjadi diferensiasi atau pembeda dengan radio-radio lainnya. Mengingat persaingan dalam dunia media sangat ketat, maka diperlukan strategi pengemasan yang berbeda dan juga kreatif. Hal ini mampu memberikan value lebih terhadap radio dalam menarik perhatian target pasar atau audiens serta menjadi aset penting dalam berkompetisi dengan media-media lainnya. Dalam hal ini, Radio Insania FM Mataram juga berinovasi dengan menyajikan konten-konten variatif mulai dari profil provinsi, voice over, iklan layanan masyarakat dan masih banyak lagi. Hal ini dilakukan sebagai upaya kreatif dari Radio Insania FM Mataram dalam meningkatkan branding awareness sebagai salah satu media Radio yang ada di Nusa Tenggara barat.

Baca Juga :  Euforia Keluarga Wisudawan UIN Mataram

“Saya ingat sama salah satu tagline yang pernah saya dengar dan pelajari yang bilang “kalo lo gak kreatif, lo bakalan mati,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *