HeadlinesKPI

HMPS KPI Periode 2024/2025 Sukses Laksanakan Rapat Kerja dan Siap Berkontribusi Secara Nyata

SINFONI, MATARAM – HMPS Komunikasi Penyiaran Islam UIN Mataram menyelenggarakan Rapat Kerja (Raker) yang bertempat di Aula FDIK pada Jum’at 22 Maret 2024 dengan mengsung tema Bergerak Bersama Memanifestasikan Himpunan yang Reprensentatif, Adaptif, dan Edukatif. Sidang Rapat Kerja yang dimana Ketua HMPS sebagai presidium sidang I, Wakil Ketua HMPS sebagai presidium sidang II, Sekretaris HMPS sebagai presidium sidang III, Peserta penuh pengurus HMPS KPI, Peserta Peninjau perwakilan dari Senat Mahiswa (SEMA), dan Ketua Demisioner 2022/2023.

Kegiatan Raker ini merupakan kegiatan awal kepengurusan HMPS KPI Periode 2024/2025. Adapun dalam kegiatan ini membahas terkait program kerja atau langkah pertama yang akan di dijalankan setiap divisi yang ada di HMPS KPI Periode 2024/2025.

Rapat kerja diawali dengan penyampaian rencana program kerja yang di usulkan oleh kepengurusan HMPS KPI UIN Mataram Periode 2024/2025. Dalam penyampaian Proker tersebut setiap Kepala Bidang (Kabid) perdivisi menyampaikan Proker yang diusulkan.

Dalam rancangan program kerja yang diusulkan memuat tujuan, waktu perencanaan, dan target tercapainnya kegiatan. Presentasi Proker pertama di mulai dari divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) oleh M. Aziz Setiawan selaku kepala bidang (Kabid).

”Ada tiga fokus di usung oleh PSDM. Pertama membuka kelas di bidang seni yaitu seni teater, seni tari dan music band karena setiap kita melakukan acara dari fakultas maupun dari prodi KPI sendiri selalu kita kesulitan dan bahkan tidak ada di bidang seni saat acara itu diselenggarakan maka dari itu divisi PSDM hadir untuk menyelenggarakan serta mengembangkan bakat dan minat mahasiswa di bidang seni dan olahraga,” ungkapnya dalam mempresentasikan Proker divisi PSDM.

Kemudian dilanjutkan presentasi program kerja (Proker) kedua dari divisi Akademik dan Profesi (AKPRO) oleh Muhammad Husain Malik selaku kepala bidang (Kabid). Divisi ini akan mengadakan seminar berbasis kuliah tamu dan kuliah umum dengan mengundang tamu dari dosen FDIK maupun tamu dari luar kampus yang disesuaikan dengan tema seminar nantinya.

”Setelah berdiskusi dengan anggota AKPRO kami menemukan 2 Proker yang pertama mengembangkan minat dan bakat mahasiswa, untuk menopang Proker ini kami akan membentuk 3 focus grup yaitu penulisan berita, fotografer, dan presenter. Proker yang kedua mengadakan seminar akademik yang dikerjakan 2 bulan sekali berbasis kuliah tamu dan kuliah umum,” ungkapnya.

Baca Juga :  Mahasiswa KPI Berkunjung ke Suara NTB dalam MK Editorial

Presentasi program kerja (Proker) ketiga dari divisi Pers Jurnalistik yang disampaikan oleh Aulia Murtia Sari selaku Kepala Bidang (Kabid) Pers Jurnalistik. Dari divisi pers jurnalistik ada beberapa program yang dijalan mulai dari pleatihan jurnalis internal atau khusus anggota pers itu sendiri dan mengadakan beberapa acara yang akan bekerja sama dengan divisi Medkom untuk di dokumentasikan dan di publikasikan.

”Hasil dari musyawarah sama teman-teman pers kami menetapkan ada 4 program kerja, yang pertama itu adalah menyelenggarakan pelatihan jurnalistik dasar, disini itu anggotanya khusus divisi pers jurnalis. Kemudian yang kedua yaitu program membuat berita dan artikel disini juga kita nanti bakalan kerja sma dengan devisi Medkom seperti nanti misalnya Medkom yang bagian dokumentasi kemudian kita dari pers yang membuat beritanya. Ketiga yaitu mengadakan seminar atau workshop jurnalis. Kemudian yang terakhir yaitu program jangka panjang nanti kita berkolaborasi langsung sama divisi Medkom yaitu tentang mencatat tanggal-tanggal penting kemudian kami serahkan ke devisi Medkom untuk mendesain pamfletnya,” ungkap Kabid divisi Pers Juranlistik.

Program Kerja (Proker) keempat dari divisi Public Relation yang disampaikan oleh Wari Rahayu Marista selaku Kepala Bidang (Kabid). Dalam melaksanakan Proker Public Relation akan membuat event dari skala kecil hingga skala besar yang bekerja sama dengan pihak-pihak luar sebagai media partner.

”Proker pertama Public Relation buka bersama prodi KPI dan alumni KPI yang disponsori oleh Yamaha. Kedua kita mau buat festival komunikasi tapi ada konsernya pertama itu kita buat perlombaan dulu karya tulis ilmiah terus kita buat lomba mc, nah malam puncaknya itu barulah kita mengadakan konsernya karena itu juga untuk perpisahan HMPS KPI, itu masuk program terakhir dari kita,” ucapnya.

Selanjutnya Presentasi dari divisi Dakwah dan Public Speaking yang disampaikan oleh Marzuki Hidayatullah selaku Kepala Bidang (Kabid). Divisi ini memaparkan akan menjalankan Proker pertama dengan melakukan kajian, dakwah yang dilakukan setiap pekan yang mengundang figur-figur penting.

”Saya mewakilkan teman-teman dari divisi Dakwah dan Public Speaking kami telah mengusungkan beberapa program kerja yang sudah kami sepakati bersama, pertama itu ada kajian di mana kajian ini sangat relevan bagi kita sebagai mahasiswa sehingga nanti kita dapat belajar bersama di sana secara kita mengundang tokoh-tokoh dari KPI. Kemudian yang kedua mengadakan pelatihan dakwah sekali seminggu tentu saja untuk meningkatkan public speaking kepada kita semua. Ketiga itu one week one post dakwah karena di zaman ini kita tidak terlepas dari teknologi, media dan lain sebagainya oleh karena itu dakwah masuk di dalam media untuk mensyairkan kebaikan-kebaikan. Keempat itu workshop, ini sangat penting karena merupakan proker yang sangat besar untuk kita lakukan maka kami mengadakannya 2 kali dalam kepengurusan, nanti kita bakal mengundang beberapa figur-figur yang besar,” ujar Marzuki Hidayatullah selaku Kabid Dakwah dan Public Speaking

Baca Juga :  Mahasiswa UIN Mataram Serahkan Donasi ke Palestina

Terakhir Presentasi penyampain program kerja (Proker) divisi Media Komunikasi (Medkom) oleh Moh. Amri Yanuar selaku kepala bidang (Kabid). Divisi Medkom menyampaikan proker yang terkait dengan mendokumentasikan setiap acara atau event dari skala kecil hingga skala besar yang dilakukan oleh KPI maupun HMPS KPI mulai dari foto, video dan konten-konten hiburan dan edukasi lainnya.

”Jadi proker dari divisi Medkom, yang pertama adalah mendokumentasikan setiap acara atau kegiatan yang diadakan oleh KPI atau HMPS KPI yang nantinya berupa foto maupun video, Kedua adalah membuat konten atau desain untuk setiap hari-hari nasional yang ada di Indonesia. Ketiga itu konten-konten kreatif, nah untuk ini dibagi menjadi empat yaitu berita, acara, hiburan dan edukasi,” ujar Moh. Amri Yanuar selaku kabid Medkom

Kegiatan Raker ditutup langsung oleh ketua HMPS KPI Periode 2024/2025 Siti Rengganis MA. Terakhir tidak lupa dilakukan sesi foto bersama untuk mengabadikan momen bersama.

Penulis: Dela Catur Apriani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *