Gamification Bill Gates Antara Pendidikan dan Pemasaran (1)

Foto: Bill Gates, CEO Microsoft. Perusahaan teknologi komputer multinasional Amerika Serikat dengan jumlah karyawan 79.000 orang dan tersebar di 120 negara.

MATARAM–Jauh sebelum Juni 2004 di Malaysia, saat Bill Gates menyumbang Rp 2,25 tiliun bagi Negara Asia melalui program Partners in Learning (PIL). Forbes, majalah bisnis dan finansial di Amerika Serikat menurunkan laporan, bahwa Bill Gates menduduki peringkat pertama di Forbes 400 sejak 1993 sampai 2007 dan juga di daftar Forbes terkaya di dunia dari tahun 1995 sampai tahun 2006 dengan nilai kekayaan 58 miliar dolar AS. Kekayaan Gates di tahun 1999 mencapai lebih dari 100 miliar dolar AS.

Memang Gates adalah pemilik perusahaan yang membangun teknologi, pabrikasi, lisensi yang mendukung prianti lunak komputer, termasuk juga pengembangan alat-alat komputer. Proximity ini yang pasti bukan tanpa perjuangan dari penciptanya. Terlepas dari peringkat Forbes, William Henry “Bill” Gates telah mendedikasikan hidupnya untuk perubahan. Perubahan bagi siapa saja yang tidak ingin dijungkir balikan, karena memang demikianlah aturan di dunia ini. Bisa jadi, jungkir balik menurut Gates dampak dari tidak belajar teknologi komputer. Sejauh ini pula, Gates telah memainkan gamification (edukasi/marketing) atas upayanya dari Lakeside, Seattle sampai Redmond, Washington.

Determine
Microsoft merupakan proyek Microsoft Corporation, perusahaan yang didirikan Bill Gates dan Paul Allen. Keduanya ahli matematika dan satu sekolah di Lakeside School. Microsoft pada mulanya sebuah program komputer yang kemudian diproduksi dan diidesain oleh Microsoft Corporation (1978). Sebelum ke Microsoft, Bill Gates dan Paul Allen bersepakat mendirikan perusahaan Traf O Data yang mendapatkan proyek pemerintah untuk program lalu lintas kota, dan mendapat proyek pekerjaan di TRW (perusahaan raksasa Amerika untuk bidang pertahanan). Di TRW, Gates dan Paul dicatat sebagai ahli debugging (ahli kesalahan program software). Bertepatan di usia 30 tahun atau tahun 1985, Bill Gates meluncukan Microsoft Windows di kantor Microsoft di Bellevue, Washington, AS.

Baca Juga :  Pertama kali, HIPMI menginisiasi Mataram Fair Event Bazaar dan Hiburan Terbesar dan Terlengkap di NTB

Microsoft murni lahir dari Bill Gates yang berawal dari petualangannya menyusun program. Program adalah perintah yang harus dijalankan oleh mesin komputer, meski program mainan yang sederhana sekalipun, yakni gim. Berlatar belakang matematika yang sangat kuat membuat Bill Gates kemudian hanyut dalam dunia binary. Dunia 0-1, terdiri dari 4 angka biner yang menyatakan bilangan tertentu untuk membuat kode program komputer. Memang sederhana, tetapi membutuhkan totalitas dan perhatian serius.

Lahir dari pasangan Bil Gates Jr dan Merry, Wiliam Gates III atau Bill Gates lahir di Seattle, Amerika, 28 Oktober 1955. Seattle adalah kota besar sejak 1890 di Amerika Serikat. Didirikan sekitar 1850, nama Seattle berasal dari nama seorang pemimpin suku Indian bernama Chief Seattle. Seattle seratus tahun kemudian menjadi kota terbesar di barat laut Amerika Serikat. Terletak di Negara bagian Washington antara Puget Sound dan Danau Washington, sekitar 180 km selatan perbatasan Amerika-Kanada.

Mary Maxwell Gates ibunda Bil Gates, bekerja sebagai Kepala Dewan Direktur Nirlaba Dunia pada First Interstate Bank, juga pernah sebagai karyawan Pacific Northwest Bell Telephone. Dia pindah ke Lake Side School, karena tempat tersebut cocok bagi anak-anak berpestasi tinggi.

Baca Juga :  Dispar NTB Lihat Ketersediaan Kamar Hotel Jelang MotoGP

Lakeside School adalah sekolah private yang berada di utara Seattle. Untuk tingkatan kelas 5 hingga 12. Lakeside adalah sekolah pertama yang memakai komputer di AS. Komputer yang diproduksi pada tahun tahun terssebut berasal dari Electronic Numerical Integrator and Computer. Komputer digital yang didesain dan dirancang untuk laboratoirum riset balistik tentara Amerika. Proyek ini memakan biaya 500 ribu dolar.

Haus matematika membuat Gates mengikuti kuliah di University of Washington. Sementara statusnya masih pelajar di SMA Lakeside. Universitas Washington: universitas terbesar di barat Amerika Serikat dan juga sebagai universitas tertua di Washington. Memiliki tiga lokasi antara lain, Seattle, Tacoma dan Bothel. Budget operasional pada tahun fiskal 2005 adalah 3,1 miliar dolar AS.

Musim semi 1973, Gates diterima di Havard University di Cambridge, Massachusetts. Gates masuk tanpa tujuan jelas, tapi karena berbakat, ayahnya menyuruh mengambil S1 dan S2 sekaligus. Di Harvard, Gates mengambil jurusan Hukum. (BISNISNTB.INFO/Bill Gates, G. Wu, Glory Offset Press, 2010/@BillGates)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: