Kuliah Kerja Nyata dan Rumus Perencanaan

PENDIDIKAN

Foto-foto: @HarianKompas

MATARAM – Mahasiswa peserta KKN sering berhadapan dengan banyaknya permintaan warga mengenai program yang harus dilaksanakan di lokasi KKN. Situasi ini kadang menyulitkan mahasiswa, karena
Keterbatasan dana yang dimiliki selama KKN.

Namun, prihal ini sebenarnya bisa dihindari, lewat perencanaan yang fokus dan target penyelesaian yang akurat. Ibarat rumah, jika pagar yang dapat perioritas, maka pagar yang lebih dulu dibangun.

Memilih program yang paling cocok
dikerjakan saat KKN, bisa berupa pemberdayaan masyarakat, mengajar atau kaderisasi pemuda. Pun penyuluhan
Pertanian dan kesehatan, dan pembanguan
Infrastruktur. Lainnya dapat berupa penyuluhan tentang darurat sampah plastik dan bagaimana mengatasinya.

Teori

Secara teori, KKN merupakan satu kegiatan
intrakurikuler wajib yang memadukan
Tridarma Perguruan Tinggi dengan metode pemberian pengalaman belajar dan bekerja kepada mahasiswa. Pengalaman berupa penerapan ilmu pengetahuan, sedangkan bekerja dalam usaha menumbuh kembangkan kepekaan dan daya kritis mahasiswa terhadap berbagai persoalan yang terjadi di masyarakat.

Meski demikian, praktiknya memang tak sealu mudah. Harus ada pemahaman yang sama di lingkaran warga terhadap pelaksanaan program KKN, sehingga mampu memberikan proses pembelajaran menggerakan masyarakat.

Baca Juga :  Remaja Masjid Sumur Pande Sambut Isra Mikraj

Dengan harapan di atas, pelaksanaan KKN dapat mengarah pada upaya penguatan personal, penguatan kelompok, dan institusi pemerintahan. Seluruhnya ditempuh melalui metode perencanan yang matang, walau dengan rumus perencanaan sederhana sekalpun, yakni merencanakan yang yang mampu dikerjakan, dan bukan sebaliknya. (AGUS SANTHOSA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: