Radio Sinfoni UIN Mataram Terima Kunjungan Study Tour Jurnalistik SMK 1 Praya

Penyiar dan presenter Radio Sinfoni menerangkan fungsi peralatan siaran seperti mikser audio, feeder, mikropon dan program ZaraRadio di komputer siaran. FOTO/TEKS FARHAN.

MATARAM: Radio Sinfoni Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram mendapat kunjungan berupa Study Tour Jurnalistik dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Praya, Lombok Tengah di Radio Kampus 1 UIN Mataram, Kamis (24/2/2022).

Kunjungan diikuti oleh 15 siswa dan pembina yang tergabung dalam ekstrakurikuler Mading “O” SMK 1 Praya. Radio Sinfoni dipilih karena dinilai menjadi lokasi yang tepat untuk belajar mengeksplorasi dunia informasi, sebab Radio Sinfoni adalah salah satu media penyiaran di Kota Mataram.

“Bergerak dari Sinfoni, di sini kita bisa mengambil pelajaran bagaimana kita menyikapi dunia informasi saat ini, di mana radio Sinfoni kan media broadcasting”, ujar Pembina Mading “O” SMK 1 Praya, Damanhari Surya R di tengah sambutan.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa bidang literasi siswa dinilai masih rendah, sehingga melaui kegiatan ini bisa menumbuhkan minat literasi siswa.

“Bidang literasi siswa masih rendah, contohnya sekedar buat caption aja kadang kebingungan. Jadi, semoga kegiatan ini bisa menumbuhkan minat literasi siswa”, imbuhnya.

Tim siaran Sinfoni memeraktikan opening, isi, dan closing siaran di depan siswa dan siswa SMK 1 Praya yang datang berkunjung. FOTO FARHAN.

Terkait hal itu, salah satu siswa Louis Juan Christoper Fernandes mengaku senang dengan kegiatan kunjungan ke Sinfoni, karena melalui kunjungan tersebut bisa menambah ilmu dan belajar hal-hal baru.

Baca Juga :  Sosialisasi Sensor Film dan MOU LSF RI dengan UIN Mataram

“Senang sih bisa berkunjung ke Sinfoni, bisa menambah ilmu, belajar public speaking, belajar siaran, dan hal-hal baru lainnya”, ujar Louis ketika diwawancarai tim Sinfoni.

Ia berharap bisa berkunjung lagi di lain waktu untuk belajar public speaking dan siaran.

“Ingin seh, Kak. Nanti bisa ke sini lagi kalau ada waktu,” tutupnya. (IS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: