Kenangan Tak Tegerus Zaman di Ampenan

FOTO H. RUDI RAZAK

SINFONI, MATARAM – Pantai yang dahulunya menjadi pelabuhan penyeberangan dan sekarang menjadi destinasi wisata yang selalu ramai dikunjungi setiap harinya. Wisata ini sudah tidak menjadi asing di kalangan wisatawan, baik wisatawan asing maupun lokal. Pantai Ampenan, siapa yang tidak mengenal pantai Ampenan? Pantai yang terletak di Kota Tua Ampenan tidak jauh dari pusat Kota Mataram. Tidak heran jika tempat tersebut ramai dikunjungi setiap harinya, khususnya pada hari minggu. Untuk menuju ke tempat tersebut membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit dari pusat kota Mataram.

Ampenan dalam Bahasa Sasak berarti “amben” yang memiliki makna tempat singgah. Pantai Ampenan merupakan Kawasan pelabuhan yang menghubungkan Lombok-Bali sebelum akhirnya dipindahkan ke Pelabuhan Lembar, Lombok Barat

Kenangan sejarah Pantai Ampenan tempo dahulu tidak membuat tempat tersebut tergerus oleh zaman. Pesona yang ditawarkan oleh Pantai Ampenan bukanlah pantai berpasir putih atau air laut yang begitu membiru seperti halnya keindahan yang ditawarkan oleh pantai-pantai yang begitu indah di daerah Lombok ini. Meskipun banyak sekali tempat wisata yang lebih bagus dan recommended untuk dikunjungi namun Pantai Ampenan memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi para wisatawan. Ada filosofi tersendiri yang membuat tempat tersebut tetap ramai pengunjungnya mulai dari kalangan remaja hingga kalangan orang tua. Bahkan Pantai Ampenan ini menjadi tempat berkumpulnya anak-anak remaja zaman sekarang.

Baca Juga :  Gesitnya Marshal Sirkuit Mandalika Dipuji Race Director

Pantai Ampenan juga menjadi tempat berkumpulnya para komunitas-komunitas hanya untuk menghabiskan waktu sesama para anggota ataupun hanya untuk memperkenalkan komunitas tersendiri.
Wisata Pantai Ampenan merupakan wisata merakyat. Karena untuk berkunjung ke tempat tersebut tidak perlu membutuhkan banyak biaya. Tidak dipungut biaya untuk masuk dan lain sebagainya, hanya membayar biaya parkir saja.

Pantai Ampenan merupakan spot paling cocok untuk menikmati dan membidik sunset. Disepanjang Pantai Ampenan berjejer kursi dan meja yang disiapkan oleh para pedagang untuk pengunjung yang ingin menikmati keindahan sunset sambil berkumpul bersama keluarga, teman, sahabat, ataupun anggota komunitas. Pantai Ampenan menjadi pilihan banyak orang untuk menikmati sunset dengan warna menyala jingga sejauh mata memandang dari ujung utara hingga selatan Pantai Ampenan. Warna sunset yang begitu indah, tetapi tidak bisa dinikmati dalam waktu yang cukup lama.

Indah namun hanya sesaat, tiulah kalimat yang cocok untuk menggambarkan suasana sunset. Keindahan sunset membuat orang yang memandangnya seolah tidak ingin berpaling dari keindahan sunset. Tidak hanya menikmati warna sunset yang begitu indah namun hanya sesaat. Terbenamnya matahari kemudian digantikan oleh gemerlap cahaya lampu-lampu yang berjejer dari ujumg utara hingga selatan. Selain itu cahaya lampu dari kapal-kapal para nelayan juga ikut menghiasi malam di Pantai Ampenan bak cahaya bintang-bintang dilangit yang membuat suasana malam semakin indah untuk dinikmati.

Baca Juga :  Panorama di Bekas Pelabuhan Ampenan Jelang Magrib

Selain bisa memanjakan mata dengan memandang keindahan sunset, Pantai Ampenan juga menyuguhkan berbagai macam kuliner yang bisa menemani sambil menikmati keindahan sunset dan juga keindahan malam di Pantai Ampenan. Pantai Ampenan juga sebagai tempat untuk berburu seafood. Jika ingin berburu seafood datang saja ke Pantai Ampenan. Karena di Pantai Ampenan sendiri menjual berbagai macam seafood yang masih segar hasil tangkapan dari para nelayan disekitaran Pantai Ampenan. Masalah harga? Pasti berbedalah dengan harga di pasaran, karena disini membeli langsung dari para nelayan.

 

Penulis: RIADATUS S.

 

Kunjungi

Podcast: Radio Sinfoni

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: