Sosialisasi Tertib Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio dan Perangkat Telekomunikasi

SINFONI, Lombok Barat — Berlangsung di Jayakarta Hotel, Balai Monitor (Balmon) Spektrum Frekuensi Radio (SFR) Mataram mengadakan Sosialisasi Tertib Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio dan Perangkat Telekomunikasi untuk Menunjang Iklim Investasi di NTB dengan turut mengundang Sekda Provinsi NTB, Staff ahli gubernur, rekan-rekan penyiar radio di Mataram, dan perwakilan dari masing-masing universitas yang ada di Kota Mataram. Selasa (31/5/2022).

Dalam acara tersebut membahas terkait transformasi digital di Lingkungan Pemerintah Provinsi NTB, Perizinan Berusaha Berbasis Resiko Melalui Online Single Submission (OSS), serta Pengawasan dan Pengendalian serta Perizinan Spektrum Frekuensi Radio dengan menghadirkan Dr. Najamuddin Amy, S. Sos, MM., selaku Kepala Dinas Kominfotik Provinsi NTB, Lalu M. Zainul Hadi dan Kasno, S. T., selaku Kepala Balai Monitor (Balmon) Spektrum Frekuensi Radio (SFR) Kelas II Mataram sebagai narasumber.

Kasno selaku Kepala Balmon SFR Kelas II Mataram menjelaskan betapa pentingnya ketertiban dalam menggunakan SFR dan perangkat telekomunikasi.

Ia menuturkan bahwa SFR harus diatur dan diawasi mengingat SFR sebagai Limited Natural Resources nasional yang terbatas dimana setiap territorial negara memiliki radio spaces, karena sifat keterbatasannya itulah SFR harus diatur. Selain itu,
karena nilai ekonomisnya SFR juga harus dilindungi dari interferensi yang merugikan .

Baca Juga :  Ujian Terbuka Promosi Doktor Prodi PAI Pascasarjana UIN Mataram

“SFR sebagai Limited Natural Resources, karena itulah harus diatur”, jelasnya

Ia berharap dengan adanya sosialisasi ini masyarakat bisa dengan tertib dalam menggunakan spektrum radio, yaitu dengan menggunakan perangkat telekomunikasi yang standar.

“Semoga dengan adanya sosialisasi ini masyarakat bisa tertib menggunakan spektrum radio dengan menggunakan pernakat telekomunikasi yang standar”, ujarnya di sela-sela sambutan.

Lebih lanjut ia menyampaikan harapannya dari acara ini yaitu dapat memberikan nilai tambah bagi para peserta, perusahaan-perusahaan serta masyarakat berupa terciptanya penggunaan spektrum radio yang efektif dan efisien.

“Saya harap acara ini bisa
memberikan nilai tambah bagi peserta yang hadir, perusahaan-perusahaan dan masyarakat agar terciptanya spektrum radio yang efektif, baik dan efisien”, imbuhnya

FOTO/TEKS: SINFONI/INDRINI ISLAMIYAH

Kunjungi: voice.ofcampus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: