#KPIGoesToJatim2022

RADIO SINFONI, MATARAM – pada pertengahan 2019, mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Universitas Islam Negeri Mataram berkunjung ke Malang dan Surabaya, Jawa Timur, untuk melihat dari dekat proses penerbitan media cetak dan pemograman televisi di Jawa Pos Grup. Kunjungan kala itu merupakan yang pertama dilakukan mahasiswa Program Studi KPI di tengah perkuliahan. Ada beberapa lokasi kunjungan yang telah disusun akomodasinya dengan lengkap. Ada Radio Republik Indonesia (RRI) Surabaya, Jawas Pos Grup, Jatim Park yang telah lebih dahulu disepakati ketika masih di Mataram.

Untuk meramaikan keberangkatan Goes To Jatim tersebut, mahasiswa mengundang Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Nusa Tenggara Barat Fairuz Abadi untuk menyampaikan tema citizen journalism. Mahasiswa juga berupaya meminta kata-kata pelepasan dari Jurusan. Alasan mahasiswa menyelenggarakan pelepasan sebenarnya sebatas seremonial. Tekad terbesar mahasiswa peserta Goes To Jatim sebenarnya menjadikan kunjungan ini sebagai salah satu  yang produktif dan sejalan dengan hobi traveling.

KPI Goes To Jatim meredup karena pandemi Covid-19. Mereka yang sehari-hari sebagai pemandu wisata tak berdaya melawan fakta di mana jutaan orang terinfeksi coronavirus dalam waktu yang relatif singkat. Bisa dibilang seluruh mobilitas warga mesti terhenti hingga Covid-19 benar-benar dapat ditanggulangi.

Baca Juga :  Sosialisasi Sensor Film dan MOU LSF RI dengan UIN Mataram

KPI Goes To Jatim adalah program yang unik. Selain karena punya misi edukasi juga menggabungkan rekreasi. Mahasiswa yang sedang berada di masa liburan semester dapat melihat digitalisasi dalam wirausaha.

Dalam rangka mengkampanyekan KPI Goes To Jatim 2022, Radio Sinfoni membuat catatan perjalanan bertajuk #KPIGoesTo Jatim2022 yang dipublikasikan di website dan You Tube Radio Sinfoni. Pada media itu, mengajak mahasiswa untuk melihat lokasi kunjungan melalui narasi dan sebagainya. Selain You Tube, #KPIGoesToJatim2022 juga menggunakan Instagram.

Singkat cerita, melalui KPI Goes To Jatim 2022, terpilihlah Suara Surabaya sebagai lokasi kunjungan dalam rangka mengkampanyekan aplikasi digital radio sebagai tanda radio telah memasuki era konvergensi media. Semua kegiatan kunjungan, dari persiapan, keberangkatan, sampai gambaran suasana di Jawa Timur telah disampaikan kepada seluruh peserta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: