Launching Kegiatan Posyandu Hewan Ternak Desa Sembung

RADIOSINFONI, Lombok Barat — Launching kegiatan posyandu hewan ternak untuk yang pertama kali berlangsung di Desa Sembung, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Kamis (21/7/2022). Bertempat di posko kelompok ternak “Patuh Angen” Dusun Sembung Lauq, Desa Sembung. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh perangkat pemerintahan Desa Sembung, UPT Puskeswan Wilayah Tengah Kabupaten Lombok Barat, Bhabinsa Desa Sembung, Bhabinkamtibmas Desa Sembung, Mahasiswa KKP UIN Mataram dan Mahasiswa PKL Unram.

FOTO & TEKS KKP UIN MATARAM Di DESA SEMBUNG

H. Ali Abdul Syahid, S. Adm., selaku Kepala Desa dan ketua kelompok ternak Desa Sembung menyampaikan sambutan sekaligus membuka kegiatan launching. “Ini merupakan kegiatan pusyandu ternak pertama yang diadakan di Desa Sembung, dan bersinergi bersama 3 pilar yaitu Pemerintah Desa, Bhabinkamtibmas, dan Bhabinsa Desa Sembung,” ungkapnya.

Kegiatan ini juga turut mengundang Dinas Pertanian dan Peternakan UPT Keswan Wilayah Tengah, Kecamatan Narmada, ketika pemberian vitamin untuk hewan ternak. Target kegiatan posyandu adalah kelompok ternak dan peternak yang ada di Desa Sembung, mengingat 80 persen mata pencaharian masyarakat di 4 Dusun Desa Sembung sebagai peternak. Diantaranya Dusun; Sembung Barat, Sembung Daye, Sembung Lauq, dan Karang Anyar.

Baca Juga :  Pelestarian Tenun Alami oleh Dina dan Hilman di Praya

Untuk kegiatan posyandu pertama ini, Puskeswan fokus pada pemberian vitamin dan obat cacing untuk hewan ternak. Karena akhir-akhir ini, banyak pedet (anak sapi) yang lahir lemas dan mati setelah lahir.

“Kami mengajak kepada masyarakat khususnya peternak untuk lebih memperhatikan ternaknya melalui posyandu ternak ini. Kegiatan ini bertepatan dengan wabah yang sedang meluas yaitu penyakit mulut dan kuku yang menyerang hewan ternak,” ucap H. Ali saat ditemui di Kantor Desa Sembung.

Kegiatan posyandu ternak rencananya akan dilaksanakan dua kali dalam setahun melalui program dari Desa dan menggunakan dana APBDes. Lewat kesempatan ini pula, H Ali selaku Kepala Desa dan Ketua Kelompok Ternak Desa Sembung berharap kegiatan posyandu ternak dapat menjadi motivasi dan catatan untuk masyarakat, dan Pemdes yang berada ditingkat kecamatan maupun Kabupaten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: