Wisata Pustaka Pesisir Tingkatkan Literasi dari KKP UIN Mataram 2022

FOTO/TEKS KKP UIN MATARAM SIGAR PENJALIN

SINFONI, Lombok Utara — Mahasiswa Kelompok Kuliah Kerja Partisipatif (KKP) Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram di Desa Sigar Penjalin, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara menyelenggarakan launching Pustaka Pesisir TBM Abasa. Kegiatan itu dilaksanakan di Pantai Sejuk desa setempat, dirangkaikan dengan lomba puisi tingkat Pendidikan Anak Usia Dini dan membaca puisi oleh wali murid.

Lomba diikuti 30 peserta, dari 10 PAUD yang ada di Desa Sigar penjalin, dan lomba membaca puisi diikuti 9 wali murid dari PAUD tersebut. Kegiatan itu dilakukan Sabtu, (13/8/2022) dimulai pukul 08:30 Wita dan berakhir pada pukul 10.30 Wita

Dalam kegiatan tersebut dihadiri berbagai tokoh masyarakat diantaranya, Kepala Desa Sigar Penjalin Zawil Fadli SP, perwakilan Dinas Perpustakaan dan Arsip Lombok Utara, Dosen Pembimbing Lapangan, Muhammad Syaoki M.Si, Ketua Wisata Lombok Wildlifepark, Anggota BPD, dan Babinkamtibmas serta Babinsa Desa Sigar Penjalin .

Kepala Desa, Sigar Penjalin Zawil Fadli, SP mengatakan bahwa membudayakan literasi membaca sangat penting untuk anak-anak.

Baca Juga :  UIN Mataram Pertama Menjadi Tuan Rumah AICIS 2022

Menurutnya, orang tua harus mengetahui serta memberikan dukungan terhadap potensi anak dengan media yang disukai. “Kami harap peluncuran Pustaka Pesisir TBM Abasa dapat meningkatkan minat baca masyarakat. Terlebih lagi dekat pantai, mari membaca Karna membaca membuka cakrawala baru,” ujarnya dalam sambutannya.

Dosen Pembimbing Lapangan Muhammad Syaoki M.Si mengatakan bahwa tempat wisata bukan hanya tempat untuk bersantai tapi juga ruang untuk meningkatkan kapasitas SDM.

“Kehadiran Pustaka Pesisir TBM Abasa ini bisa memberikan akses baru bagi Masyarakat Desa Sigar Penjalin maupun pengunjung,” terangnya.

Dia menyarankan hadirnya kolaborasi bersama semua pihak untuk mensukseskan Pustaka Pesisir TBM Abasa. “Rencana apapun tidak bisa sukses berjalan lancar jika semua pihak terkait tidak berkolaborasi,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua KKP UIN Mataram Desa Sigar Penjalin, Al-Muhajirin menyatakan pembangunan Pustaka Pesisir tersebut melalui dukungan berbagai pihak.

“Mewakili rekan-rekan mahasiswa mengucapkan terima kasih atas partisipasinya mensukseskan kegiatan ini,” katanya.

Dia berharap Pustaka tersebut terus berkelanjutan dan ramai dikunjungi wisatawan sambil menikmati pemandangan pasir putih yang ada di Pantai Sejuk.

Baca Juga :  Sirkuit Mandalika Dapat Nilai A

“Disini ada tiga pulau kecil yang indah, Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Selain itu, wisatawan juga bisa membaca sambil menikmati aneka makanan dan cemilan khas pantai Sejuk,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: