Pembekalan PKL Mahasiswa FDIK UIN Mataram

FOTO SINFONI TEKS WILDA RISMA, NAYYA

RADIO SINFONI, Mataram – Pembekalan Praktik Kerja Lapangan FDIK UIN Mataram berlangsung Kamis (15/9/2022). Pembekalan bertema Penguatan Profil Mahasiswa FDIK Melalui PKL Berbasis Kompetensi Era Revolusi 4.0.

Kegiatan pembekalan yang dihadiri oleh Tim Asistensi Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Dr. KH. Abu Bakar Ash-Shiddiq, Wakil Rektor III UIN Mataram Dr. H. Subhan Abdullah Acim, M.A., Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Dr. M. Saleh Ending, MA. , Kepala Jurusan se-FDIK, para Dosen Pembimbing Lapangan dan seluruh mahasiswa semester VII.

Kegiatan PKL tahun 2022 ini memiliki dua model, yaitu PKL nasional dengan mendelegasikan 7 mahasiswa se-FDIK dan PKL reguler berjumlah 360 peserta. Bekerjasama dengan 50 lembaga diantaranya : media massa, humas pemerintahan, sosial kemasyarakatan, serta travel haji dan umrah, sesuai dengan profil mahasiswa di setiap prodi.

“Mahasiswa di tuntut untuk memiliki kemampuan dalam dunia kerja sesuai dengan potensi nya. Banyak lulusan sarjana yang masih bingung potensi mereka bagaimana dan dibidang apa, disini panitia dan seluruh civitas akademika berusaha menempatkan mahasiswa sesuai dengan potensinya masing-masing,” ujar Saleh Ending, Dekan FDIK UIN Mataram.

Baca Juga :  The Bright and Dark Side of Social Media Materi di AICIS 2022 UIN Mataram

Pemetakan lokasi PKL mahasiswa ini tidak hanya tertuju ke 50 lembaga, tetapi lebih. Panitia pun mempersiapkan kegiatan ini sejak Juli – Agustus 2022 dengan memasukkan surat ke setiap instansi yang ada di Lombok barat, Mataram dan Lombok Tengah.
“Setelah pembekalan di tanggal 15 September 2022, hari Senin tanggal 19 September mahasiswa siap dilepas dan diserahkan oleh fakultas dan dosen pembimbing lapangan di setiap lembaga yang telah di tentukan. Adapun teknis pelaporan PKL nantinya berbentuk video, artikel, laporan pribadi dan kelompok yang sudah dicantumkan dalam buku pedoman PKL dan akan dibagikan bersamaan dengan banner serah terima di hari senin nanti.” ungkap Gemuh Surya Wahyudi, Sekertaris Panitia PKL 2022.

Dalam pembekalan kali ini, Tim Asistensi Menteri Ketenagakerjaan RI memaparkan materi tentang kompetensi apa saja yang akan dibutuhkan di dunia kerja kedepannya.
“Pemerintah sudah mempersiapkan lowongan kerja, akan tetapi kembali kepada bagaimana masyarakat memberikan atau menunjukkan kemampuan yang terbaik untuk pekerjaan tersebut. Skill apa yang dimiliki dan seberapa kompeten nya dalam dunia kerja, oleh karena itu sangatlah penting untuk memerhatikan skill dan potensi apa yang kalian miliki dari sekarang agar kedepannya tidak bingung dalam menentukan pekerjaan,” jelas Ash-Shiddiq dalam pemaparan materinya.

Baca Juga :  Bagi-Bagi Takjil Mahasiswa KPI UIN Mataram

Selain itu, diakhir sambutan nya Wakil Rektor III UIN Mataram Dr. H. Subhan Abdullah Acim, M.A., memberikan harapan serta do’a untuk mahasiswa yang akan menjalankan PKL selama 45 hari kedepan.
“Harapan kedepannya, untuk seluruh mahasiswa PKL agar dapat menjaga nama baik dari almamater kita UIN Mataram, dan bisa melakukan pekerjaan dengan sungguh-sungguh untuk meraih 1000 langkah yang baik kedepannya.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: