Persiapan Atlet Sebelum Berlari di Ironman 70.3 Lombok

Atlet triathlon perempuan Indonesia Inge Prasetyo menjadi atlet pertama yang mencapai garis finish pada Ironman 70.3 Lombok, Sabtu (8/10/2022), di Senggigi, Lombok Barat. FOTO KOMINFO NTB

TEKS RRI.CO.ID

Mempersiapkan diri sebelum mengikuti Ironman 70.3 Lombok menjadi pilihan Inge Prastyo, atlet triathlon putri Indonesia. Bahkan, sebelum memutuskan untuk mengikuti Ironman 70.3 Lombok, Inge mengaku mesti menyiapkan diri secara matang dengan berlatih selama lima minggu di Lombok.

“Pengamanan untuk rute balap sepeda top banget, Lombok sangat indah,” kata Inge, setelah dinyatakan sebagai pelari tercepat di garis finish untuk kelompok perempuan di ajang Ironman 70.3 Lombok, Sabtu (8/10/2022), di Senggigi, Lombok Barat. Inge mengaku benar-benar disambut masyarakat dan dilayani seratus persen oleh penyelenggara. Pun diberi pelayanan yang terbaik oleh panitia.

Ironman 70.3 Lombok merupakan Ironman ke-15 yang diikuti Inge. Turun pada 3 cabang lomba menurutnya setelah melihat penyelenggaranya dari Indonesia. Begitu pun dengan race director-nya dari Indonesia. Sehingga memiliki tanggungjawaba untuk didukung. “Dari 15 event triathlon, Lombok yang terbaik,” ungkapnya.

Keyakinan Inge bahwa Ironman 70.3 Lombok yang terbaik ikut didasari kemampuan pihak kepolisian yang melakukan sterilisasi terhadap rute sepeda sepanjang 90,1 km. Mulai dari Holiday Resort menuju Jalan Raya Senggigi sampai dekat Bandara Internasional Lombok, dan kembali lagi ke Holiday Resort. Antusias masyarakat juga tidak lepas dari penghargaannya yang sudah rela memberikan semangat kepada semua atlet.

Baca Juga :  Karya Indah Chrisye dan Apresiasi Kelompok Penikmat Berbeda (1)

“Jalan ke bandara yang biasanya sering diwarnai kekesalan, berubah menjadi kelancaran,” katanya. Di Ironman 70.3 Lombok, Inge sampai di garis finish dengan catatan waktu 4 jam 58 detik.

Ketika berlari, Inge menunjukan kesabaran usai melihat tanjakan yang sangat berat. Di cabang renang dan sepeda, Inge tidak terlalu mempertimbangkan kecepatan. Inge mengapresiasi keindahan alam Pulau Lombok. Senggigi, maupun Gili-Gili di Lombok Utara. Inge dalah peraih medali di triathlon SEA Games Hanoi, Vietnam 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: