Peringati Hari Pengurangan Risiko Bencana Internasional, Geopark Rinjani Gelar Lomba dan Talk show

FOTO & TEKS NELDA HANNIA.

RADIO SINFONI, Mataram –Memperingati Internasional Day for Disaster Risk Reducy (IDDR) atau hari Pengurangan Risiko Bencana Internasional, Geopark Rinjani menggelar lomba dan talkshow.

Dengan mengangkat tema “Raising Awareness to Multi-Hazard Early Warning sistem and Disaster Risk Reduction”, kegiatan ini dilaksanakan di Auditorium Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram mulai tanggal 11-13 Oktober 2022.

Beberapa lomba yang diadakan yakni, lomba rells untuk warga Nusa Tenggara Barat, debat kebencanaan tingkat mahasiswa, cerdas cermat kebumian tingkat Sekolah Menengah Atas, story telling serta puisi tingkat Sekolah Menengah Pertama dan mewarnai untuk Sekolah Dasar dan Taman Kanak-Kanak.

“Itu dia lomba yang diselenggarakan dalam IDDR tahun ini”, kata Tina, selaku koordinator lomba.

“Pengumuman pemenang dan pembagian hadiah lomba dilakukan hari ini,”tambahnya.

Tak hanya lomba, peringatan ini juga diwarnai talkshow dengan sejumlah narasumber. Salah satunya Rektor UIN Mataram, Prof. Dr. Masnun Tahir yang menjelaskan tentang mitigasi bencana gempa bumi berbasis kearifan lokal Sasak dan bagaimana kesiapan UIN Mataram dalam dalam rangka berkontribusi dalam mitigasi bencana.

Baca Juga :  Serah Terima KKP Desa Tete Batu Selatan UIN Mataram

“Mitigasi bencana ini kita lakukan untuk meminimalisir korban, dengan berbasis ilmu pengetahuan dan kearifan lokal,” ucap Masnun, Rektor UIN Mataram. “Dengan hadirnya para aktivis kebencanaan ini, menambah semangat kami kedepannya,” tambahnya.

Ketua Forum Perguruan Tinggi untuk Pengurangan Risiko Bencana
DR. Rosiadi Sayuti menambahkan bahwa dalam kebencanaan harus terus diadakan, mulai dari penelitian dan pusat studi kebencanaan yang benar-benar dikuasai.

“Mitigasi harus dimulai dari sekarang, ilmunya harus mulai dari sekarang”, ucap Rosyadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: