UNIDO Dukung Indonesia Pendampingan Teknis UMKM di Lombok

Agus Santhosa, Unido Dukung Indonesia Pendampingan Teknis UMKM di Lombok (Mataram: www.rri.co.id) tgl 1 November 2022. 04:52. FOTO UNIDO

Pendampingan teknis ini merupakan rangkaian dari beberapa kegiatan meliputi workshop desain dan kreatifitas untuk sektor tekstil dan perhiasan, pelatihan untuk rantai nilai agrifood, serta kegiatan konsultasi (coaching) untuk UMKM.

Dalam kesempatan ini, UNIDO dan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) NTB meresmikan Creativity Lab sebagai sarana penunjang upaya pendampingan dan pemberdayaan UMKM dalam melakukan uji coba inovasi dan kreatifitas. Pembukaan kegiatan pendampingan teknis dan peresmian creativity Lab UNIDO-Diskop dan UKM NTB dihadiri, antara lain, Kepala Diskop dan UKM NTB Ahmad Masyhuri, Dewan Kerajinan Nasional Daerah NTB (Dekranasda) Hj. Niken Saptarini Widyawati, Kepala Dinas Perindustrian NTB Nuryanti, Senin (31/10/2022) di Gedung FLUT KUMKM, Gomong, Kota Mataram.

Dinas Koperasi dan UKM NTB mendukung pelaksanaan program UNIDO yang memberikan pendampingan teknis terhadap pelaku UMKM di Pulau Lombok. Sinergitas antar pemangku kebijakan diharapkan terus berjalan dengan kompetitif dan berorientasi global. Kepala Dinas Koperasi dan UKM NTB Ahmad Masyhuri mengatakan, pendampingan UNIDO di Lombok hingga Maret 2025. Mengawali pendampingan tahun ini, diberikan Kepada 12 pelaku UKM agar dapat mengakses pasar global.

Baca Juga :  Gamifikasi Pasar serta Edukasi Bill Gates (3)

“Hari ini jumlah UKM yang tercatat di NTB sebanyak 250 ribu UKM yang sudah memiliki tempat bukan bergerak di sektor pertanian,” kata Masyhuri di tengah sambutan.

Dewan Kerajinan Nasional Daerah NTB ikut membuka secara resmi kegiatan pendampingan teknis yang dilakukan UNIDO ASSIST di Lombok. Pendampingan diharapkan dapat berbuah inovasi, kolaborasi dan sinergiras antar pemangku kebijakan di NTB.

Ketua Dekranasda NTB Hj. Niken Saptarini Widyawati mengatakan, mereka yang sudah terpilih menjalani pendampingan harus mampu menjadi lokomotif bagi UKM lainnya. Sehingga  lebih banyak lagi UKM yang  berpartisipasi menjadi peserta pelatihan. Selanjutnya ada Creative Lab UNIDO-DISKOPUKM NTB sebagai wadah untuk UMKM di NTB berkreasi dan berinovasi untuk penembangan disain dan produk baru unggulan.

“Kita sudah memiliki creativity lab yang bisa menelurkan ide dan menetaskan kreativitas,” katan Niken.

Pembukaan Kegiatan pendampingan teknis (technical assistance) terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang terpilih menjadi mitra program UNIDO dihadiri Koordinator Nasional Project UNIDO Zulkifli. Ahli Desain Internasional UNIDO Lidwina Dox, Ahli Agrifood Internasional UNIDO Ralph Liesbing, dan interpreter UNIDO Lia Rosida.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: