Bautista Rayakan Juara WSBK 2022 di Mandalika Sebelum ke Australia

FOTO-FOTO AFRIZA KURNIA

Catatan Sekilas*

Alvaro Bautista merayakan kemenangan sebagai juara World Superbike (WSBK) 2022 di Sirkuit Mandalika, Pujut, Lombok Tengah, Minggu (12/11/2022). Selama 11 putaran WSBK 2022, Bautista berhasil mengumpulkan 533 poin. Pengumpulan itu sudah cukup membawa Bautista dan Tim Ducati menjadi juara WSBK 2022 sebelum putaran terakhir di Australia, 18-20 November 2022.

Kemenangan Bautista di WSBK putaran ke-11 di Mandalika karena unggul 62 poin lebih atas dari Toprak. Bautista memang finish di posisi dua (P2) di Race 2 Mandalika, tapi poinnya menahan Toprak Razgatiloglu di tempat kedua dengan 462 poin.

Toprak sendiri menciptakan tiga kemenangan di Race Mandalika, yaitu Race 1, Superpole, dan Race 2. Melalui tiga kemenangan itu, Toprak memperoleh 62 poin.

Memimpin tiga kali balapan di Mandalika, 11 – 13 November 2022, bukan tanpa usaha yang sengit dari Toprak. Pembalap dari negara  Turki ini senantiasa salip-menyalip dengan Bautista di setiap race, kecuali saat Superpole. Pada kualifikasi Superpole atau penentuan posisi start untuk Race 2 tersebut, Bautista sampai di garis finish di P4.

Baca Juga :  Sharing dan Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan BLUD di UIN Mataram

Menuju putaran delapan di Race 2, Bautista menyalip Toprak yang sejak start terus memimpin balapan. Toprak juga sempat disalip Rea, selanjutnya kembali memimpin balapan.

Jonathan Rea dari Tim Kawasaki sampai di garis finish di posis P3 dengan 434 poin. Sementara posisi P4 ditempati Andrea Locatelli dari Tim Yamaha.

Pedagang kaus berjualan di depan Pertamina Mandalika International Street Circuit, Minggu (13/11/2022). Kaus dijual Rp100.000 per potong untuk semua ukuran.

Berakhir sudah balapan WSBK di Mandalika melalui antusias penonton putaran. Di Mandalika, penonton sudah mengisi tribun warna-warni, walaupun balapan belum mulai.

Tempat duduk di tribun utama atau di depan garis start hari ketiga, penuh oleh penonton. Beberapa remaja terlihat mengibarkan semangat bagi pembalap. Ada juga pemuda bercaping merah putih mengisi tribun. Keseruan seluruh balapan ikut terekam oleh  sorotan kamera WSBK TV.

Dari sisi pembalap, tidak ada komentar terhadap lintasan sepanjang 4,3 kilometer di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Sirkuit yang dibangun senilai 1,3 triliun rupiah dengan 17 tikungan. Pit bulding yang digunakan sekarang dibangun lewat sistem modular berkapasitas 50 garasi. Pit ini membentang dari barat ke timur dengan panjang 350 meter. Pit dibangun setinggi 3 lantai.

Baca Juga :  Media Center Indonesia MotoGP Mandalika 2022 Diresmikan

Kapasitas tribun yang masuk ke dalam hospitality suites untuk 7.700 orang. Kapasitas tribun dengan tempat duduk (grand stand seating) untuk 48.580 tempat duduk. Kapasitas tribun tanpa tempat duduk (non-seated area) untuk 138.000 orang.

Perhelatan olahraga internasioal seperti WSBK di Mandalika, akan membuka harapan dan peluang baru dalam pengembangan dan pemulihan pariwisata Indonesia dengan efek berantai yang relatif besar.

 

*) Reporter RRI Mataram Agus Santhosa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: