FDIK UIN Mataram Terima Mahasiswa dari Australia buka Peluang Intenasional

FOTO & TEKS NURUL INAYAH

RADIO SINFONI, Mataram — Januari 2023 mendatang, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Mataram kedatangan mahasiswa internasional dari Charles Darwin University of Australia.

Grace Clare Mackley mahasiswa prodi Public Health (kesehatan masyarakat) Charles Darwin University of Australia, sudah resmi menjadi student research selama enam bulan di UIN Mataram terhitung Januari-Juni 2023.

Kedatangan Grace sebagai student research bertujuan untuk mensosialisasikan program-program kesadaran kesehatan reproduksi kepada remaja putri agar dapat mengurangi angka pernikahan dini di NTB.

Dr. Muchammadun, MPS, M.Gen.APP. Ling.,Ā  dosen prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) adalah yang menjembatani kedatangan Grace ke UIN Mataram. Dia menyebutkan bahwa kedatangan Grace selama enam bulan di UIN Mataram akan dibantu dan dipantau oleh pihaknya. Grace bisa mengikuti kegiatan di prodi lain seperti KPI, BKI dan MD.

“Prodi yang akan mensupervisi Grace nantinya yaitu prodi PMI, tetapi prodi-prodi lain dibawah FDIK juga boleh mengklaim Grace sebagai murid internasionalnya dengan mudah. Misalnya, dibawa ke laboratorium atau dilibatkan dalam kunjungan sesuai kebutuhan masing-masing prodi,” ungkap Muchammadun saat ditemui di ruang (PUSKA LDS) lantai 2 FDIK, Selasa (29/11/2022).

Baca Juga :  Posisi Kurator Lukisan Perlu Tingkatkan Eksistensi Perupa Daerah

Kedatangan Grace disebut Muchammadun merupakan bagian dari program prioritas untuk meningkatkan akreditasi Prodi, Fakultas dan Universitas.

“Salah satu poin penting dari syarat akreditasi yaitu ada tidaknya mahasiswa internasional di dalamnya, ini berlaku untuk tingkat Prodi, Fakultas dan Universitas,” imbuhnya.

Selaras dengan pernyataan Muchammadun sebagai supervisi Grace di FDIK, Dekan FDIK Dr. Muhammad Saleh, M.A., juga menyambut positif kehadiran Grace mengingat UIN Mataram sedang menggagas program kampus Go Internasional.

“Dengan adanya mahasiswa asing tentu akan terjadi transformasi sistem perkuliahan di UIN Mataram, terjadi pertukaran ide antar satu negara dengan negara lain. Maka akan mendorong perubahan besar di UIN Mataram,” ujar Saleh, Selasa (29/11/2022).

Disebut Muchammadun dan Saleh kehadiran Grace membuka peluang internasionalisasi bagi FDIK dan UIN Mataram agar bisa menjadi kampus Go Internasional ke depannya.

“Khusus bagi FDIK, kehadiran mahasiswa asing akan memberikan semangat di setiap prodi untuk mencapai akreditasi unggul dan menjadi upaya kita menuju internasionalisasi kampus UIN Mataram,” tutup Saleh.

One thought on “FDIK UIN Mataram Terima Mahasiswa dari Australia buka Peluang Intenasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: