Piarakuku Hills yang Memesona Wisatawan Domestik dan Mancanegara

Foto dan Berita Sanisa Ibrahim

RADIO SINFONI, Sumba Timur — Sumba adalah salah satu pulau kecil di Nusa Tenggara Timur (NTT). Sumba kerap dijuluki Sandlewood (Kuda Cendana), karena identik dengan kuda yang unik dibanding kuda pada umumnya. Tidak cukup sampai di kuda, Sumba dikenal sebagai pulau seribu bukit.

Di awal tahun 2023, Bukit Piarakuku yang terletak di Desa Persiapan Haruwut, Kecamatan Matawai La Pawu, Sumba Timur, menjadi destinasi wisata baru bagi warga NTT. Pemandangan Bukit Piarakuku didominasi hamparan savana yang hijau, ditambah bukit-bukit kecil yang tersusun rapi dan akses jalan yang mudah. Semuanya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Bukit Piarakuku, tidak hanya wisatawan domestik, namun wisatawan mancanegara pun datang untuk melihat keindahan Bukit ini.

“Tidak habisnya dibuat terkesan dengan Sumba yang dipenuhi oleh bukit. Salah satu yang saya kunjungi saat di Sumba adalah Bukit Piarakuku,” ujar Nanda, Selasa (17/1/2023).

Nanda adalah seorang wisatawan asal Kabupaten Alor yang rela menempuh perjalanan panjang dari Kota Waingapu hanya untuk melihat keindahan Bukit Piarakuku.

Baca Juga :  Pembentukan Identitas Islam Modern di Dunia

“Perjalanan jauh tidak menjadi masalah jika dibandingkan dengan keindahan dan keelokan yang ditunjukan oleh Bukit Piarakuku ini,” imbuhnya.

Bukit Piarakuku juga dikenal dengan sebutan Bukit Teletubbies karena gundukan bukit yang beragam, yakni dari yang berukuran kecil hingga berukuran besar. Di atas Bukit Piarakuku, wisatawan bisa mengambil foto dengan latar savana hijau yang indah.

“Gundukan bukit yang tidak ada habisnya ini bisa memanjakan mata wisawatan, sangat disayangkan kalau datang ke Sumba Timur tapi tidak mengunjungi Bukit Piarakuku ini” tutur Nanda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: