Headlines

Hari Gizi Nasional: Protein Hewani Cegah Stunting

Oleh: Salsa.

Radio Sinfoni, Mataram — Hari Gizi Nasional diperingati setiap tanggal 25 Januari. Tahun ini, dilansir dari laman Kementerian Kesehatan RI, Hari Gizi Nasional diberi tema “Protein Hewani Cegah Stunting” Tema ini ditujukan agar masyarakat bersama-sama berupaya dalam mencegah masalah Stunting. Hal ini pun menunjukkan bahwa tidak hanya badan yang berlebel kesehatan yang melakukan upaya untuk masalah ini melainkan upaya masyarakat juga diperlukan.

Balita Pendek (stunting) merupakan kondisi gagal tumbuh yang ditandai dengan pertumbuhan tinggi badannya tak sesuai usianya berdasarkan grafik pertumbuhan standar dunia. Dalam penanganannya, pencegahan adalah cara yang harus ditempuh untuk menurunkan angka stunting agar sesuai target yang diinginkan yakni 14% pada tahun 2024.

Berdasarkan Studi, Protein hewani memiliki peranan penting dalam mencegah atau meminimalisir terjadinya kejadian stunting pada anak balita. Anak balita yang mengkonsumsi protein hewani yang cukup dapat terhindar dari kejadian stunting. Hal tersebut dikarenakan protein hewani mengandung asam amino esensia yang dapat mensintesis hormon pertumbuhan sehingga dapat mempercepat laju pertumbuhan balita dan menghindarkan balita agar tidak mengalami kejadian stunting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *