HeadlinesWisata

Wisata Situs Doro Bata di Dompu

Situs Doro Bata berada di lingkungan Sambi Tangga, Kelurahan Kandai I, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Situs ini terletak pada sebuah bukit yang dibentuk berupa teras berundak sebanyak 7 teras, yang pernah dimanfaatkan sebagai tempat pemujaan leluhur dan kekuatan alam masa Ncuhi (kerajaan), tempat pemujaan leluhur dan para dewa masa Hindu-Buddha, pasca masuknya pengaruh Majapahit tahun 1357. Terakhir dimanfaatkan sebagai tempat berdirinya istana Kesultanan Dompu sekitar tahun 1545 dan ditinggalkan pasca meletusnya Gunung Tambora tahun 1815.

Kini situs Doro Bata dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata bagi masyarakat Dompu dan mata pencaharian bagi masyarakat yang tinggal disekitarnya. Situs Doro Bata memiliki pemandangan bukit yang sangat indah dengan pemandangan panorama matahari terbenam yang bisa dinikmati.

Banyak dari kalangan anak muda setempat yang ikut berkontribusi untuk memajukan Situs Doro Bata ini agar lebih dikenal oleh masyarakat luas dengan mengunggahnya lewat media sosial.

Situs ini ramai dikunjungi oleh Masyarakat Dompu khusus nya pada hari-hari libur. Akses yang mudah dan wilayah yang strategis di tengah kota menjadi keunggulan tersendiri. Selain itu, banyak terdapat beberapa spot foto yang bisa digunakan oleh semua kalangan.

Baca Juga :  Hari ke-2 Apernas Apripsi Program Studi IPS Indonesia

Nahh, itu sedikit gambaran mengenai tempat wisata Situs Doro bata yang berada di Kota Dompu dan bisa dijadikan sebagai salah satu referensi buat Kreasi Muda yang lagi bingung cari tempat untuk melepas penat bersama keluarga dan teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *