Sinfoni Bagi-Bagi Buku 2023

Ilustrasi. GOOGLE

MATARAM, RADIO SINFONI — Dua orang presenter senior di Indonesia asyik berbincang di kanal Youtube. Kedua orang itu Andy F Noya, pendiri program Kick Andy di Metro Tv dan sang pemilik Youtube, Helmy Yahya. Helmy pernah menjadi Direktur Utama Televisi Republik Indonesia, dan tamatan Strata Dua di Amerika Serikat.

Keduanya terlibat perbincangan seru sekaligus sendu. Mulai dari perjalanan hidup sampai motivasi membangun program sosial lewat buku. Andy F Noya dengan benihbaik.com-nya, dan Helmy Yahya dengan program tanggung jawab sosial perusahaannya. Kedua-duanya sepakat mencerdaskan kehidupan bangsa melalui gerakan bagi-bagi buku.

Melalui gerakan itu, Andy menyalurkan buku-buku cerita ke perpustakaan miskin di Sekolah Dasar. Andy percaya buku memiliki daya ledak yang dahsyat bagi pembacanya. “Mampu membentuk pola pikir, memandang kehidupan dari berbagai sisi, dan mendekatkan diri pada mimpi,” katanya.

“Atas kedahysatan buku itulah saya melakukan hal ini,” tambah Andy yang sekarang memilih tinggal di sebuah desa kecil di Purwokerto. Jauh dari kebisingan metropolitan Jakarta. Walau Jakarta dulu menjadi tempat memulai karir.

Baca Juga :  Pedagang Bakso Cilok di Taman Wisata Sesaot

Di Purwokerto, Andy bertungkus lumus inovasi. Dari desa, Andy merintis sebuah startup yang diberi nama Benih Baik. Andy maupun Helmy, memiliki cita-cita yang sama membagi-bagikan buku gratis kepada siswa sekolah di Tanah Air. Hal yang juga dilakukan oleh sebagian orang di Fhilipina, Vietnam dan Malaysia.

Namun yang utama bagi mereka, yakni sebagai shortcut menyambut 100 tahun kemerdekaan RI di tahun 2045.

Andy berkeyakinan seorang anak mampu keluar dari kemiskinan keluarganya dan menciptakan berbagai terobosan hidup berawal dari membaca buku.

Novel. GOOGLE

Dalam konteks yang sama, Radio Sinfoni melakukan gerakan peningkatan literasi anak SD, SMP, SMA di NTB melalui aksi bagi-bagi buku. Gerakan ini diinisiasi mahasiswa yang tergabung ke dalam manajemen Radio Sinfoni. Radio komunitas milik Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Mataram. Bagi-bagi buku pertama akan berlangsung di SMA Islam Darussalam Al Falah Bukti Tinggi, Lingsar, Lombok Barat.

Sekaligus sebagai peluncuran gerakan bagibagibuku UIN Mataram tahun 2023. Buku cerita yang dibagi selaras dengan kerja sama berbagai donatur. Donatur mulai dari pegawai Radio Republik Indonesia Mataram sampai pegawai Balai Konservasi Sumber Daya Alam NTB. Peluncuran program ditetapkan hari Ahad, 29 Februari 2023. Bagibagibuku paling sedikit menyalurkan 40 buku cerita kepada perpustakan sekolah.

Baca Juga :  Sebuah Novel Grafis Sapardi Djoko Damono

Akan tetapi, bila berjalan lancar akan membagi buku cerita sebanyak 1.077 eksemplar. Anda, kreasi muda, dapat menyalurkan donasi ke Ibqeisya Aulia dengan nomor rekening Bank Syariah Indonesia 7199901499. Untuk hal yang ingin ditanyakan dapat menelepon ke nomor hp 0877-5484-8094.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: