HeadlinesUINMA

KKP UIN Mataram Sumbang Al-Qur’an untuk TPQ di Desa Gegerung, Lombok Barat

kegiatan donasi Al-Qur’an ke berbagai Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) di Desa Gegerung, Lombok Barat.
SINFONI, Lombok Barat – Dalam rangka program pengabdian kepada masyarakat, Kelompok Kuliah Kerja Partisipatif (KKP) UIN Mataram telah melaksanakan kegiatan donasi Al-Qur’an ke berbagai Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) di Desa Gegerung, Lombok Barat.
Kegiatan ini dilakukan untuk Meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Qur’an di TPQ, Mempermudah para santri dalam belajar dan memahami Al-Qur’an, Menumbuhkan semangat para santri dalam belajar Al-Qur’an serta Membantu TPQ dalam menyediakan sarana belajar yang memadai.
Ketua Kelompok KKP UIN Mataram, Bahrul Ulum, mengatakan bahwa sumbangan Al-Qur’an ini merupakan salah satu bentuk kepedulian mahasiswa UIN Mataram terhadap pendidikan agama Islam di Desa Gegerung.
“Kami berharap dengan adanya sumbangsih Al-Qur’an ini, para santri di TPQ-TPQ Desa Gegerung dapat belajar dengan lebih nyaman dan fokus,” ujar Bahrul Ulum.
Selain memberikan sumbangan, KKP UIN Mataram juga ikut berpartisipasi dalam mengajar para santri-santriwati di TPQ dan sekolah di desa Gegerung.
Penyerahan donasi Al-Qur’an dilakukan di seluruh dusun yang ada di desa Gegerung. Dimulai dari hari Kamis, 18 Juli sampai dengan hari Sabtu, 20 Juli 2024. Al-Qur’an tersebut diterima langsung oleh santri – santriwati di TPQ tersebut dibantu oleh masing – masing kepala dusun yang ada disana.
KKP UIN Mataram menyumbangkan Al-Qur’an dan Iqro’ sebanyak 80 biji ke berbagai TPQ di Desa Gegerung.
Sumbangan Al-Qur’an dari KKP UIN Mataram disambut dengan antusias oleh masyarakat Desa Gegerung.
Kepala Desa Gegerung, Harun menyampaikan terima kasih kepada KKP UIN Mataram atas kepeduliannya terhadap pendidikan agama Islam di desanya.
“Kami sangat berterima kasih atas sumbangan Al-Qur’an ini. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi para santri di TPQ-TPQ Desa Gegerung, ” ujar Kades Harun.
Kegiatan donasi Al-Qur’an ini merupakan wujud partisipatif komitmen UIN Mataram dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
KKP UIN Mataram berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut dan dapat membantu lebih banyak TPQ di berbagai daerah di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *