HeadlinesUINMA

Literasi Keuangan Kolaborasi KKP Desa Beririjarak dengan IDX

SINFONI, Lombok Timur: Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Partisipatif (KKP) di desa Beririjarak mengadakan Seminar literasi keuangan dan pencegahan nikah anak usia dini yang dikhususkan untuk seluruh siswa kelas 12 di MAN 2 Lombok Timur. Seminar ini mengangkat dua tema sekaligus, yakni “literasi keuangan” dan “pencegahan pernikahan dini”.

Terkait tema literasi keuangan KKP UIN Mataram di desa Beririjarak berkolaborasi langsung dengan IDX atau Bursa Efek Indonesia yang merupakan bursa efek yang beroperasi di Indonesia. Sedangkan untuk tema “pencegahan pernikahan dini” tim KKP UIN Mataram di Desa Beririjarak.

Seminar mendatangkan narasumber Nani Mulyana atau biasa dipanggil Mba Nani yang merupakan salah satu tokoh pelopor perlindungan perempuan dan anak di desa Beririjarak. “Ada banyak sekali dampak buruk dari pernikahan dini, salah satunya adalah KDRT atau kekerasan dalam rumah tangga, terganggunya kesehatan mental, memiliki dampak yang buruk bagi ibu dan anak seperti stunting, dan masih banyak lagi,” katanya, Sabtu (7/7/2024). ). ).

Selain itu pada tema literasi keuangan, pemateri juga memaparkan bahaya dari judi online, cara mengelola keuangan, dan menjelaskan terkait investasi. Acara seminar yang diselenggarakan oleh tim KKP UIN Mataram di desa Beririjarak ini pun mendapat respon positif dari Kepala Madrasah, Guru, dan Siswa.

Baca Juga :  Tantangan 52 Tahun ASEAN Bidang Ekonomi

Diharapkan dengan terlaksananya acara seminar ini mampu mengedukasi siswa-siswi terkait literasi keuangan dan bahaya dari pernikahan dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *