HeadlinesUINMA

Kolaborasi KKP UIN Mataram dan Unram Cegah Stunting

Kolaborasi Mahasiswa KKP UIN Mataram Bersama Mahasiswa KKN Universitas Mataram Dalam Rangka Sosialisasi Pencegahan Stunting Melalui Menu Gizi Sehat.

SINFONI, Lombok tengah: Kolaborasi mahasiswa KKP UIN Mataram bersama mahasiswa KKN Universitas Mataram telah sukses mengadakan kegiatan sosialisasi ramah perempuan dengan tema “Pencegahan Stunting Melalui Menu Gizi Sehat”. Kegiatan tersebut dilakukan di Kantor Desa Sintung, Kecamatan Pringgarata, Kabupaten Lombok Tengah, Kamis, (1/8/2024).

Kegiatan sosialisasi tersebut berjalan lancar, dengan mengundang dua pemateri yaitu Ibu Indah Hartati Sri Wulandari dari puskesmas Bagu dan juga Ahmad Zamzam Harir dari Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu.

Sasaran dari kegiatan tersebut adalah anak-anak di Desa Sintung yang mengalami kurangnya asupan gizi seimbang, kegiatan ini juga di hadiri oleh ibu-ibu kader dari masing-masing dusun.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan kepada para orang tua mengenai pentingnya gizi seimbang dalam upaya mencegah stunting. “Salah satu penyebab anak terkena stunting adalah dari kurangnya asupan 1000 HPK pada saat ibu memasuki masa kehamilan, kurangnya asupan makanan bergizi, kurangnya pengetahuan ibu , dan juga penyebab lainnya adalah bagaimana pola asuh yang di terapkan pada anak-anaknya”, tutur ibu Indah selaku pemateri pertama.

Baca Juga :  Sosialisasi Sertifikat Produk Halal UMKM di KKP

”Setelah anak berusia 2 tahun ke atas, anak akan mengalami keterlambatan perkembangan otak yang membuat anak tersebut lama dalam berpikir,” tutur Ahmad selaku pemateri kedua.

Dengan digelarnya acaranya sosialisasi ini mahasiswa berharap agar kedepannya ibu-ibu lebih aware terhadap pengaruh makananan bergizi pada tumbuh kembang anak baik dari segi fisik maupun kecerdasan anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *