HeadlinesUINMA

Pembekalan 418 Mahasiswa FDIK UIN Mataram untuk PKL Nasional dan Internasional

RADIO SINFONI, Mataram: – Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Mataram sukses menggelar acara pembekalan Praktik Kerja Lapangan (PKL) bagi seluruh Mahasiswa Semester 7 dari berbagai prodi. Kegiatan yang berlangsung di Auditorium Kampus II ini mengusung tema “Penguatan Kompetensi Mahasiswa melalui Peningkatan Jejaring Dunia Kerja dan Keterampilan Bidang Studi,” Senin (2/9/2024).

Acara diawali dengan registrasi peserta yang diikuti oleh 418 mahasiswa dari prodi BKI, KPI, MD, dan PMI. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pemaparan laporan oleh Bapak Samsul Hadi, S.Pd., mengenai penempatan PKL. Dalam laporannya, beliau menyampaikan bahwa tahun ini, mahasiswa akan ditempatkan di berbagai lembaga, baik tingkat nasional maupun internasional.

Untuk PKL nasional, mahasiswa akan ditempatkan di Universitas Sunan Ampel Surabaya, Jawa Timur. Ini merupakan kali ketiga UIN Mataram menjalin kerja sama PKL nasional, setelah sebelumnya dua kali berkolaborasi dengan Universitas Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sementara itu, untuk PKL internasional, mahasiswa akan dikirim ke Universitas Sultan Zainal Abidin di Malaysia. Ini merupakan kali kedua UIN Mataram menyelenggarakan PKL internasional.

Baca Juga :  Serah Terima Peserta KKP UIN Mataram 2024 di Lantan, Lombok Tengah

“Kami bersyukur karena tahun ini sebanyak 51 lembaga telah bersedia menjadi mitra kami dalam pelaksanaan PKL. Hal ini menunjukkan tingginya minat para mahasiswa untuk mengasah kemampuannya secara langsung di dunia kerja,” ujar Samsul Hadi.

PKL nasional akan dilaksanakan pada tanggal 4-19 September 2024, sedangkan PKL internasional akan berlangsung selama sebulan, mulai September hingga Oktober 2024. Dengan mengikuti PKL, diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan kompetensi, memperluas jaringan, dan siap terjun ke dunia kerja setelah lulus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *