HeadlinesUINMA

Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi UMMAT Kunjungi ITC UIN Mataram, Mengapa?

RADIO SINFONI, Mataram: Aksesibilitas teknologi yang berkualitas serta sarana informasi yang membuat Perpustakaan dan ICT Center Universitas Islam Negeri Mataram dijadikan sebagai tempat Study Tour mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi, Universitas Muhamadiyah Mataram (UMMAT), Selasa (28/5)/2024).

Kegiatan bertujuan untuk memberikan akses kepada mahasiswa mengenai layanan program, dan sistem distribusi informasi yang ada di Perpustakaan UIN Mataram, sehingga orang dapat mengakses dengan mudah segala bentuk informasi yang berada di Perpustakaan. Study Tour tersebut dirangkai dengan kegiatan Workshop yaitu pengenalan tentang Perpustakaan yang berfungsi sebagai sumber informasi yang dibutuhkan oleh mahasiswa maupun dosen, serta diskusi mengenai program layanan yang ada di Perpustakaan UIN Mataram.

“Menurut saya program layanan di Perpustakaan UIN Mataram ini relatif sudah bagus karena disini sudah ada aksesibilitas berupa sentuhan teknologi yang memudahkan semua orang yang datang untuk mengakses informasi,” ujar Dosen Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi, Universitas Muhamadiyah Mataram, Lalu Rudi Rusnandi.

Lebih lanjut Rudi mengatakan bahwa dari hasil penelitiannya, standar perpustakaan perguruan tinggi yang tersedia saat ini, hanya menyediakan satu ruangan kecil seperti perpustakaan Sekolah Dasar, akan tetapi di Perpustakaan UIN Mataram sudah dilengkapi teknologi dan layanan program yang memudahkan mahasiswa dan dosen mengakses informasi secara mudah.

Baca Juga :  Taman Wisata di Lombok Barat Mulai Bergeliat

“Sentuhan teknologi yang ada di Perpustakaan UIN Mataram, tentunya kerjasama dari setiap perpustakaan merupakan bagian dari distribusi informasi di era digital, harapan kami sangat tinggi untuk saling diskusi terkait masalah distribusi informasi yang ada di perpustakaan,” imbuhnya.

Selain itu Pustakawan UIN Mataram, Nuraini mengatakan bahwa kegiatan ini memberikan akses yang luas untuk sama-sama belajar, dan menjadikan Perpustakaan UIN Mataram sebagai standar bagi perpustakaan yang ada di NTB.

“Hal seperti ini sangat diperlukan untuk saling bertukar informasi sehingga kita juga mengetahui bagaimana perkembangan perpustakaan di luar UIN Mataram”, kata Nuraini.

Terakhir, Mahasiswa Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi Universitas Muhamadiyah Mataram, Surindah yang mewakili, mengatakan bahwa realisasi teknologi yang ada di Perpustakaan UIN Mataram sangat memudahkan segalanya, dan patut diikuti oleh seluruh perpustakaan perguruan tinggi yang ada di NTB.

“Bagusnya di UIN ini adalah serba digital, kayak pengembalian dan peminjaman buku itu serba digital tanpa perlu pustakawan yang harus melayani setiap pembaca. Harapannya semoga kita menjadi bagian dari salah satu pustakawan disini,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *