HeadlinesUINMA

Keterlibatan Perempuan dalam Ketahanan Keluarga Tema Sosialisasi KKP UIN Mataram

SINFONI, Lombok Barat: Mahasiswa KKP UIN Mataram di Desa Batu Kumbung, kembali mengadakan sosialisasi ramah perempuan dengan tema “Keterlibatan perempuan dalam ketahanan keluarga” Pada Kamis, (8/8/2024) di Aula kantor desa Batu Kumbung, Kecamatan Lingsar, Lombok Barat.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh kepala desa Batu Kumbung H. Wirya Adi Saputra, Pemateri sosialisasi Dyah Luthfia Kirana, S.Psi, M. Pd., Lembaga-lembaga dan staf desa, tokoh-tokoh masyarakat, kepala-kepala dusun, dan KKN UNU NTB.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman perempuan dalam ketahanan keluarga, dan Mahasiswa UIN Mataram juga memiliki program lanjutan pada lembaga Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga yaitu mengadakan forum ketahanan keluarga, yang bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang ketahanan keluarga pada perempuan Batu Kumbung.

Pemateri pada sosialisasi kali ini dosen Prodi Bimbingan Konseling UIN Mataram menjelaskan dalam penyampaiannya bahwa keterlibatan begitu penting dalam meningkatkan ketahanan perempuan.

“Ketahanan keluarga itu merupakan keadaan keluarga yang dinamis, yang mampu untuk hidup secara mandiri dengan keuletannya. Dalam peraturan menteri PPA nomor 6 tahun 2013, juga menjelaskan ada 5 konsep ketahanan keluarga yaitu legalitas, ketahanan fisik, ketahanan ekonomi, ketahanan sosial psikologi dan ketahanan sosial budaya. Dari kelima konsep tersebut juga dapat ditempatkan pada perempuan dalam meningkatkan ketahanan rumah tangga,” ucap Dyah.

Baca Juga :  Gerak Jalan Kemerdekaan

Kepala Desa Batu Kumbung juga dalam sambutannya sangat mengapresiasi mahasiswa KKP UIN Mataram yang sudah mengadakan kegiatan sosialisasi ini sebagai proker terkahir.

“Kami terus mengapresiasi mahasiswa yang sedang KKN dan KKP di desa kami, sosialisasi kali ini juga sangat menarik untuk kita yang sudah menikah bagaimana cara untuk menjaga ketahanan keluarga,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *