HeadlinesUINMA

Polda NTB Tingkatkan Wawasan Kebangsaan bagi Mahasiswa Baru UIN Mataram

SINFONI, Mataram: Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan kecintaan terhadap bangsa dan negara, Kepolisian Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) mengadakan kegiatan sosialisasi wawasan kebangsaan dengan mengusung tema ”Wawasan Kebangsaan dan Generasi Muda”.
Kegiatan ini menjadi bagian dari rangkaian kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2024 yang berlangsung di Auditorium kampus 2 UIN Mataram, Kamis, (29/8/2024).

Kegiatan sosialisasi yang berlangsung di Auditorium Kampus 2 Jempong dihadiri oleh ribuan mahasiswa baru dari berbagai fakultas. Psikolog Polda NTB, Rachmat.R.A., hadir sebagai pembicara dalam acara tersebut. Dalam paparannya, Rachmat menekankan pentingnya pemahaman akan wawasan kebangsaan, khususnya di kalangan generasi muda.

“Wawasan kebangsaan itu sangat penting untuk generasi muda untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan identitas nasional yang lebih baik,” ungkap Rachmat, saat diwawancarai langsung oleh tim Radio Sinfoni.

Dalam sosialisasi tersebut mahasiswa diajak untuk memahami nilai-nilai Pancasila, bhineka tunggal ika, serta tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia dalam era globalisasi saat ini. Mahasiswa juga diingatkan akan peran penting anak muda terutama gen Z dalam menjaga stabilitas dan keamanan nasional di era digital ini melalui partisipasi aktif dalam kegiatan positif baik di lingkungan masyarakat maupun di kampus.

Baca Juga :  Lapak Mahasiswa Ringankan Biaya Kuliah

Mahasiswa baru UIN Mataram menyambut baik kegiatan ini. Salah satu mahasiswa baru mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menambah wawasan dan semangat kebangsaan di kalangan mahasiswa

“Wawasan kebangsaan ini sangat bermanfaat dan berpengaruh untuk saya karena saya yang awalnya kurang memahami kebangsaan saya sendiri, tetapi dengan penjelasan pemateri tadi saya banyak mengambil ilmu tentang kebangsaan Indonesia itu sendiri,” ucap Lina, Mahasiswa Baru dari Prodi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *