HeadlinesUINMA

FDIK UIN Mataram Rilis Riset Kolaborasi Internasional Penguatan Literasi Sosial Keagamaan

Radio Sinfoni, Mataram – Dalam rangka memperkuat kolaborasi riset internasional, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi menggelar kegiatan Desiminasi Dosen Tamu dengan tema “Rilis Temuan Hasil Riset Kolaborasi Internasional Penguatan Literasi Sosial Keagamaan”, bertempat di Aula FDIK UIN Mataram, pada Jum’at (20/9/2024).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkuat hasil penelitian melalui diskusi dan pertukaran gagasan secara kolektif dari setiap akademisi yang hadir. Dalam kegiatan tersebut dua hasil riset kolaborasi internasional dipresentasikan, yaitu tentang “Strategi Pengembangan Industri Halal di Indonesia” oleh Dr. Muhammad Yusuf, M. Si., dan Dr. H. Lalu Muhammad Zaenuri, M.A., serta “Continuity and Changes in Comunity Art Traditions: is the Sasak Intercultural or Religious?, oleh Dr. Muchammadun, M.Ps., MPPS Ling (Adv)., dengan optimisme bahwa gagasan maupun pertanyaan dari hasil diskusi tersebut akan memperkuat hasil riset yang telah dilakukan.

Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Dr. Muhammad Saleh Ending, M.A., dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan desiminasi ini sangat penting karena memperkuat hasil riset yang dilakukan oleh para akademisi di FDIK.
“Alhamdulillah saya rasa bawa riset kolaborasi internasional merupakan langkah besar FDIK dalam meningkatkan kualitas akademisi, sehingga diharapkan lebih banyak lagi hasil penelitian baik dari skala kecil maupun internasional dari FDIK,” katanya.

Baca Juga :  Konferensi ke-3 Pusat Studi Gender dan Anak di Mataram

Guru Besar Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam (FUSHPI) Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, sekaligus Tim Asessor BAN PT, Prof. Dr. Ris’an Rusli, M.A., mengatakan bahwa setiap penelitian harus diseminarkan untuk mendapatkan tanggapan maupun saran agar hasil penelitian yang dilakukan maksimal, serta perlu adanya partisipasi mahasiswa yang terlibat dalam proses penelitian.
“Tentunya desiminasi adalah suatu hal yang sangat urgent guna meningkatkan hasil riset yang dilakukan, dan yang kami harapkan dari BAN PT agar memberikan kesempatan sebanyak-banyaknya untuk mahasiswa agar terlibat dalam setiap jenjang penelitian,” ujarnya.

Terakhir, salah satu dosen Prodi Manajemen Dakwah, Guru Sugiharto, S.E., M.M., mengatakan bahwa kegiatan ini akan berdampak akan berdampak pada mahasiswa dengan semangat yang sama dalam melakukan riset.
“Acara ini sangat bagus, dan penelitian yang serupa di lain waktu sangat mungkin terjadi, karena kegiatan yang dilakukan bukan dikhususkan untuk dosen tapi merangkum mahasiswa untuk riset berkelanjutan,” tutupnya.

Penulis: Dian Ferdinawan

@voice.ofcampus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *