HeadlinesLingkungan

Akom dan Avatar Montras Ciptakan ATM Sampah Digital di NTB

FOTO & BERITA DIAN FERDINAWAN

RADIO SINFONI, Mataram — Guna untuk memberikan edukasi terhadap masyarakat tentang cara memilah sampah dengan baik dan menjadi rupiah, Akom bersama dengan PT. Avatar Montras Indonesia menciptakan ATM Bank Sampah Digital. Hal tersebut berangkat dari kurangnya kesadaran masyarakat terhadap populasi sampah di sekitar.

Akom sendiri merupakan Perguruan Tinggi yang berfokus pada Teknik alat berat yang sudah menciptakan 3 produk inovasi yaitu sepeda motor trail listrik, kendaraan roda 3 listrik dan ATM Bank Sampah Digital.

Adapun terkait cara penggunaannya dapat diakses melalui aplikasi Montras pada play store atau apa store, yaitu dengan menscan barcode hingga sampah yang dimasukkan berubah menjadi saldo rekening.
Sebagaimana dijelaskan oleh salah satu mahasiswa akom Evi Nurmala.

“ATM Bank Sampah Digital ini dapat di akses menggunakan aplikasi montras pada play store ataupun app store. ATM ini menggunakan sensor pada droop box-nya, setelah itu scan barcode yang telah disediakan di sana, nanti sampahnya kita masukan ke ATMnya, otomatis sampah yang kita masukan akan berubah jadi saldo rekening , jadi semangat dan peduli terhadap sekitarmu,” ujar Evi dalam Event Gebyar Pilah Sampah (10/2/2023).

Baca Juga :  Wisata Air Terjun Ntunda

Lebih lanjut Ia mengatakan bahwa Akom akan mengembangkan ATM Bank salah Digital tersebut, agar manfaatnya bukan hanya dirasakan oleh masyarakat Sumbaw asaja namun juga seluruh Indonesia.

“Insya Allah kami akan mengembangkan dan mensosialisasikan ATM Bank Sampah Digital ini supaya masyarakat yang diluar Sumbawa dapat merasakan pemanfaatan dari inovasi kami sehingga impian terhadap Indonesia peduli sampah terealisasikan,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *