Bill Gates Antara Edukasi dan Marketing (2)

Bill Gates dan Paul Allen memiliki ketertarikan yang sama pada komputer. Bersama dua teman dari Lakeside School mendirikan Lakeside Programmer Group di tahun 1968. (Foto).

MATARAM–Kecerdasan tidak lantas membuat Gates muda menjadi individualis tetapi semakin kolektif. Gates mendorong Paul Allen, Richard Weiland, Kent Evans memiliki ikatan batin dengan teknologi lokalnya, serta mampu mengembangkannya sesuai konteks modern. Hal ini yang kemudian diceritakan dalam biografi bahwa Gates semakin muda semakin baik. Dengan peralatan yang apa adanya dapat berbuat banyak.

Discover
Alasan Bill Gates mengembangkan program komputer disebabkan berbagai problem yang menghinggapi teknologi komputer kala itu, seperti menyembuhkan berbagai penyakit dalam software. Namun, di sisi lain, program komputer belum banyak diapresiasi pemerintah alias cenderung gratis. Pada tahun 1975, memori komputer sangat kecil, hingga pengguna kesulitan memasukan program. Sehingga membuat Bill Gates menyempurnakan bahasa program. Basic adalah bahasa program Al Jabar yang mudah dipelajari Bill Gates. Memiliki sedikit perintah dan formatnya sederhana. Berlatar belakang program software ditulis pakai basic, Microsoft lahir di musim panas 1975.

Pada 1979, usia Bill 24 tahun. Penghasilan Microsoft sudah tujuh juta dolar setahun. Dibanding IBM, penghasilan mereka masih jauh. Pasalnya, dalam setahun, IBM (International Business Machine) bisa mendapatkan penghasilan 30 miliar dolar Amerika Serikat dan pegawainya penduduk Seattle sendiri. IBM adalah perusahaan AS yang memproduksi dan penjual perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Bill Gates dan Paul pernah mendapat kehormatan bekerja di IBM dalam satu proyek rahasia bernama Project Chees. Proyek amat serius, hingga program Microsoft harus berhubungan dengan bagian proyek IBM-PC di Boca Raton, Florida. 600 km dari New York (pusat IBM sejak 1911). Akhirnya, proyek IBM-PC diluncurkan pada 12 Agustus 1981 atau sesuai target IBM. Alhasil, IBM-PC mulai diekspor via laut, lewat udara, tak ketinggalan lewat darat. Sejak saat itu IBM-PC melanda dunia dengan software dari Microsoft di dalamnya.

Baca Juga :  Pariwisata Modern Lewat Desa Wisata Teknologi

Tahun 1990 menjadi tahun yang menggairahkan untuk Gates. Microsoft mendistribusikan lebih dari 4 juta kopi di tahun pertama dan sangat fenomenal dibandingkan industri yang lain. Windows 3.0 menjadi produk standar bagi pengguna komputer hampir di seluruh dunia.

Tahun 1994, Bill Gates bertemu Craig Mc Caw dari Mc Caw Celullar Communication, perusahaan seluler terbesar di dunia. Mc Caw bermitra dengan Bill Gates untuk sistem satelit Teledsic, dan akan meluncurkan 400 satelit geostatsioner yang memungkinkan komunikasi di bumi dengan satelit. Pun membuat kontrak dengan Nippon Telegraph and telephone (NTT). NTT adalah perusahaan telekomunikasi terbesar di dunia dari Jepang.

Tahun 1994, pemakai Personal Computer (PC) tercatat 140 juta unit. Pada 1995, Bill Gates meluncurkan strategi internet. Adalah rangkaian komputer yang berhubungan dengan beberapa rangkaian. Cara menghubungkan rangkaian tersebut dinamakan Internet working Internet. Diawali tahun 1969 oleh ARPA (United Stated Departement of Defence Advanced Projects Regency). Dengan peleuncuran tersebut menempatkan Bill Gates sebagai orang terkaya di dunia. Kekayaannya 18,5 miliar dolar AS. Tahun 2004, Microsoft menguasai 95 persen pasar PC dunia.

Baca Juga :  Pertama kali, HIPMI menginisiasi Mataram Fair Event Bazaar dan Hiburan Terbesar dan Terlengkap di NTB

Kantor Microsoft terpusat di Redmond, Washington, USA dengan luas 750 ribu meter persegi dengan karyawannya lebih dari 30 ribu orang, sebagian karyawannya miliuner dan jutawan. Di tempat ini, mereka merencanakan dan membangun teknologi, pabrikasi, lisensi yang mendukung piranti lunak komputer, termasuk juga pengembangan alat-alat komputer.

Diketahui, komputer telah dipakai dalam bidang kedokeran. Penggunaan radiologi untuk sistem perekamannya memilih teknologi Microsoft, termasuk beberapa alat kesehatan lain. komputer juga digunakan dalam bidang permuseuman sekalipun, untuk menampilkan suatu hasil karya seni berkaitan dengan gambar, suara, animasi, video, CD-Room. Seterusnya dalam perdagangan saham di Wall Street, dan komputer untuk transportasi. (BISNISNTB.INFO/Bill Gates, G. Wu, Glory Offset Press, 2010/@BillGates).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: