Gamifikasi Pasar serta Edukasi Bill Gates (3)

Bill Gates ke Indonesia, 2014, dan bertemu Praktikno, Rektor Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, periode 2012-2014. (Foto).

MATARAM—Bill Gates di tahun 1992 mendapat penghargaan Medali Teknologi
Nasional dari Presiden George Bush. Namun dalam pencapaian besar tersebut tidaklah selalu mulus, karena Gates beberapa kali berurusan dengan hukum. Mulai dari tuduhan atas praktik monopoli di sistem operasi Windows, dan perjuangannya memenang hak program Basic dari perusahaan MITS. Dari situ, Gates mendapat pesan: berhati-hatilah melangkah agar tidak menginjak orang lain.

Develop & Decide
Di era 80an, Microsoft merilis Microsoft Windows (20 November 1985). Penjualan eceran pertama kali berasal dari hasil perpanjangan grafis MS DOS operating system. Sedangkan memasuki milenium ke tiga, Bill Gates mendapat berbagai apresiasi dengan produknya Windows 98 yang diluncurkan pada 25 Juni 1998. Windows 98 telah dilengkapi Internet Explorer 4. Dia terus mengembangkan sistem pengoperasian Windows, versi terbarunya Windows Vista yang dirilis bulan Januari 2007 dan berlanjut Windows Server 2008.

Baca Juga :  Bill Gates Antara Edukasi dan Marketing (2)

Windows Xp profesionnel dirilis 25 April 2005. Merupakan pengembangan dari Windows XP yang dirilis 25 Oktober 2001. Sistem operasional yang dibangun oleh Microsoft adalah untuk rumah, bisnis desktop, komputer notebook dan pusat media yang bisa untuk internet, menonton DVD, siaran televisi. Nama XP diambi dari kata experience.

Microsoft Office kemudian menjadi perangkat lunak dalam paket untuk aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Microsoft Windows. Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office yang terkenal adalah Excel, Word, dan Power Point. Rangkumannya, Microsoft Office telah menetapkan posisi sebagai aplikasi yang paling banyak efisiensinya untuk membuat dokumen, komunikasi dan alisisi bisnis informasi.

Atas usahanya Gates menyumbang Rp 2,25 tiliun bagi Negara Asia melalui program Partners in Learning (PIL) untuk melakukan revolusi pembelajaran guna meningkatkan kemampuan. Mencakup transformasi hidup, keluarga, komunitas dan Negara (2004). Termasuk memberi 70 ribu komputer untuk 2,18 juta pelajar di Indonesia. Memberikan software Windows untuk meningkatkan keahlian TI (Teknologi Informasi) kepada guru dan murid di 162 rbu sekolah di Indonesia.

Baca Juga :  Pameran dan Bazaar Mataram Fair 2022 Pamerkan Karya Kreatif

Saat ini, Bil Gates meluncurkan program Technet Connection yang merupakan suatu program komunitas professional IT. Sekaligus mendekatkan Microsoft dengan komunitas pengembang software lainnya. (BISNISNTB.INFO/Bill Gates, G. Wu, Glory Offset Press, 2010/@BillGates/@swaragamafm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: