Maulid Adat Bayan 2022 di Oktober ini, Catat Tanggal dan Prosesinya!

FOTO & TEKS NELDA HANNIA

RADIO SINFONI, Lombok Utara — Prosesi Maulid Adat tahun 2022 ini akan diselenggarakan di tanggal 10-11 Oktober. Prosesi Maulid akan dilaksanakan di beberapa tempat di Lombok Utara, salah satunya di Kecamatan Bayan.

Tradisi Maulid adat dilaksanakan dua hari setelah ketetapan Kalender Islam Maulid Nabi tanggal 12 Rabiul Awal, yakni tepatnya tanggal 14 sampai 15 Rabiul Awal atau selama dua hari. Dilaksanakannya tradisi ini sebagai bentuk penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW yang dilakukan setiap tahun dan secara turun temurun oleh komunitas masyarakat adat Bayan.

Beberapa wilayah di Bayan yang melaksanakan Maulid diantaranya Karang Bajo, Dusun Bat Orong dan Timuk Orong di Desa Bayan, dan Desa Loloan yang terpusat di Masjid Kuno. Selain itu juga di Barung Birak Desa Sambil Elen, Desa Anyar, Dusun Semokan dan Sembagek di Desa Sukadana yang melakukan Maulid Adat di tempat masing-masing.

Rangkaian acara yang dilakukan mulai dari hari pertama, yakni tanggal 11 akan dilaksanakan prosesi Tun Grantung Gamelan, mengumpulkan hasil bumi di kampung, Menutu (menumbuk) Padi, memajang atau menghiasi Masjid Kuno dan penampilan Presean atau adu ketangkasan pria di malam harinya.

Baca Juga :  Pemda NTT dan AIHSP Gelar Kickoff VACCINE Project

Di hari kedua atau puncak acara melakukan prosesi Bisoq Meniq (cuci beras) Gubuk Karang Bajo, penyembelihan hewan, memasak makanan tradisional, Presean untuk anak-anak, menghiasi Praja Mulud, iring-iringan Praja Mulud dan doa di dalam Masjid Kuno.

Semua prosesi tersebut bisa disaksikan oleh masyarakat secara umum dengan ketentuan yang sudah ditetapkan. Menggunakan Kereng, Dodot Rejasa dan Sapuq bagi laki-laki, lalu Kereng Nina, Kemben dan Lempot bagi perempuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: