HeadlinesUINMA

Mahasiswa Prodi PPI Duta Baca Perpustakaan UIN Mataram 2024

RADIO SINFONI, Mataram – Muhammad Zaki Yun Nawawi terpilih menjadi Duta Baca Perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram Tahun 2024, bertempat di Gedung Perpustakaan dan ICT Center UIN Mataram, pada (16/9/2024). Mahasiswa Semester III Program Studi Pemikiran Politik Islam (PPI) , Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA), berhasil mengalahkan 33 finalis dari UIN Mataram.

Kompetisi pemilihan Duta Baca ini berlangsung pada tanggal 26 agustus – 16 september. Zaki Yun tercatat sebagai mahasiswa berprestasi di Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, diantaranya Juara 3 Duta Generasi Berencana (GenRe) Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2021, juara 3 Siswa Berprestasi Tahun 2022, dan menjadi Ketua Umum Forum GenRe Kabupaten Lombok Tengah.

Putra dari ibu Sri Haspiani, S.Pd., kelahiran 9 Mei 2004 di Desa Lendang Tampel, Batukliang, Lombok Tengah ini menyatakan bangga atas pencapaiannya tersebut. “Alhamdulillah saya sangat bersyukur dan berterimakasih kepada Allah SWT yang telah memberikan saya kesempatan untuk bisa menjadi roll model para mahasiswa terlebih lagi di UIN Mataram dalam mengajak untuk bisa gemar dalam membaca,” ujarnya.

Baca Juga :  Pertanian dan Perkebunan, Arsitektur dan Bentang Alam Tema News Reporting Radio 2023 (1 – Bersambung)

Proses kompetisi pemilihan Duta Baca Perpustakaan UIN Mataram dimulai dari pendaftaran, seleksi berkas, wawancara, pemilihan 10 besar, membuat karya tulis ilmiah, presentasi, hingga Pengumuman pemenang pada tanggal 16 september lalu. Lebih lanjut Zaki Yun mengakui bahwa motivasi untuk menjadi berasal dari kurangnya minat baca pada mahasiswa di NTB.

“Saya mengikuti kompetisi Duta Baca Perpustakaan UIN Mataram karena melihat minat membaca yang begitu rendah dan kritisms pada mahasiswa sekarang semakin menurun,” katanya.

Terakhir, Zaki Yun mengatakan bahwa akan meningkatkan minat dan budaya membaca dikalangan mahasiswa dengan terpilihnya menjadi Duta Baca Perpustakaan UIN Mataram.

“Kondisi tersebut membuat saya bertekad untuk bisa menjadi roll model dalam Membaca untuk bisa menarik lebih banyak lagi teman-teman mahasiswa untuk tertarik pada buku dan agar budaya membaca tetap di gaungkan sepanjang masa,” tutupnya.

 

Penulis: Ananda Dwi Salsabilla, Reporter Sinfoni

Editor: Tim Sinfoni

Instagram Sinfoni: @voice.ofcampus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *