UIN Mataram Peringati HAB Kementerian Agama 2023

Radio Sinfoni, Mataram — Mengusung tema Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat, Universitas Islam Negeri Mataram mengadakan upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementrian Agama (Kemenag) ke-77 di depan Auditorium Kampus II UIN Mataram. Selasa, (3/1/2023).

Adapun pemilihan tema tersebut diharapkan mampu memberikan kesan perdamaian dan kerukunan bagi umat beragama, mengingat perbedaan dan pemilihan pendapat itu merupakan salah satu sunatullah yang memang harus ada namun tidak menutup adanya kerukukan di antara umat beragama.

Upacara tersebut dilakukan sesuai instruksi Kepala Kementrian Agama yang dihadiri oleh seluruh ASN Kemenag dan segenap civitas akademika UIN Mataram termasuk dari kalangan mahasiswa.

Perayaan HAB kali ini dirasa lebih meriah dari sebelumnya, mengingat berakhirnya mas covid sehingga perayaannya dilaksanakan secara offline, dengan banyaknya suku yang berbaur di lingkungan UIN Mataram bersatu dan berdoa bersama.

Dalam upacara tersebut, Rektor UIN Mataram Prof. Dr. H. Masnun Tahir, M. Ag., menyampaikan bahwa tahun ini kompetensi dan prestasi harus ditingkatkan, serta kerukunan dan kedamaian juga harus tetap terjaga. Sebagaimana tahun 2022 UIN Mataram sangat luar biasa.

Baca Juga :  Pelestarian Tenun Alami oleh Dina dan Hilman di Praya

“Tentunya untuk tahun 2023 ini, kita harus tetap meningkatkan kompetensi dan prestasi kita. Dikarenakan UIN Mataram selama tahun 2022 sangat luar biasa dan tidak lupa kerukunan dan kedamaian tetap terjaga dikarenakan kita ini adalah satu bangsa”, ujarnya

Selain itu, Ia juga menghimbau untuk tetap membangun UIN Mataram menjadi komunitas yang epistemik bukan menjadi komunitas politikal. Ia juga mengungkapkan bahwa upacara peringatan kali ini mengajarkan bahwa perbedaan itu biasa dan perbedaan itu sunnatullah namun itu bukan penghalang untuk bersatu, membangun NKRI, membangun UIN Mataram serta mewujudkan visi besar Kemenag.

“Upacara peringatan tahun ini kit belajar bahwa perbedaan itu biasa dan perbedaan itu sunnatullah namun itu bukan penghalang kita untuk bersatu, membangun NKRI, membangun UIN Mataram serta mewujudkan visi besar Kemenag”, imbuhnya.Acara ini digelar dengan rangkaian kegiatan seperti santunan, upacara serta jalan sehat yang nantinya akan digelar pada 14 Januari mendatang dengan melibatkan stakeholder, adviser dan lembaga-lembaga keagamaan yang menjadi partner dari UIN Mataram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: