Mahasiswi KPI UIN Mataram Wakil Geopark-Lombok UNESCO Global Geopark di Bali

FOTO & TEKS NELDA/KONTRIBUTOR

RADIO SINFONI, Bali — Nelda Hannia mewakili Rinjani-lombok UNESCO Global Geopark(UGGp) dalam ajang International 1st UNESCO Global Geopark Youth Forum Seminar and Camp, Bali.

Ajang ini berdasarkan penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah program prioritas dari Unesco Global Geopark Youth Forum (UGGYF) berdasarkan hasil rapat perdana UGGYF di Jeju, Korea Selatan pada Desember 2021.

Dengan mengusung tema Youths for Climate Action in Geoparks, kegiatan berlangsung pada tanggal 13 – 17 September 2022 di Batur UNESCO Global Geopark, Kintamani Bali.
Nelda yang merupakan mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) UIN Mataram dan sekaligus Anggota Rinjani Geopark Youth Forum(RGYF) .

“Kegiatan ini merupakan acara pertama dari Global geopark youth Forum yang mengumpulkan Delegasi pemuda geopark dari berbagai negara dan daerah di Indonesia dan kami 5 orang dari RGYF,” ucap Nelda.

Nelda menambahkan, acara ini membahas isu perubahan dalam working group discussion, saling berbagi mengenai kondisi geopark masing-masing dan bagaimana peran pemuda dalam mengakselerasi pengembangan geopark.

Baca Juga :  Peringatan Isra Mikraj 1443 H Tingkat Provinsi NTB

Ajang ini mendapat dukungan Global Geopark Network (GGN), Unesco, Kementerian PPN/Bappenas RI, Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI), Jaringan Geopark Indonesia (JGI), dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
Adapun acara ini akan melibatkan kurang lebih 50 peserta daring dan luring yang terdiri dari delegasi negara-negara anggota GGN serta perwakilan Geopark Youth Forum dari seluruh daerah Indonesia.

Produk atau hasil dari kegiatan ini adalah perumusan Batur Charter yang akan menjadi kerangka aksi nyata bagi seluruh anggota Geopark Youth Forum diseluruh dunia untuk bersama-sama aktif terlibat dalam aksi adaptasi perubahan iklim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: