HeadlinesUINMA

Pre Dies Natalis Ke – 58 UIN Mataram Exhibition

Radio Sinfoni, Mataram – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) menyelenggarakan kegiatan Pre Dies Natalis Ke – 58 UIN Mataram Exhibition, dengan tema “Mewujudkan Efikasi Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kolaborasi Pentahelix”, bertempat di Auditorium Kampus II UIN Mataram, pada Kamis (17/10/2024).

Pelaksanaan Pre Dies Natalis Ke -58 UIN Mataram Exhibition mengusung resmi di buka oleh Wakil Rektor I UIN Mataram, Prof. Dr. H. Adi Fadli, M.Ag, yang dihadiri oleh Kepala Dinas Perindustrian Nusa Tenggara Barat, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pengembangan Sekretariat Daerah Lombok Timur, dan Asisten tiga Pemerintah Daerah Lombok Utara. Kegiatan berlangsung dari tanggal 17 sampai 18 Oktober 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan hasil penelitian Dosen UIN Mataram kepada masyarakat, agar penelitian tersebut tidak hanya terbatas pada batasan akademis, tetapi juga dapat memberikan dampak positif secara luas. Penelitian yang dilakukan berupa mendalami suatu isu-isu yang banyak menjadi masalah di dalam kehidupan masyarakat seperti, masalah maraknya penggunaan produk kecantikan, kasus kekerasan seksual, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  12 Lulusan Terbaik Yudisium FDIK UIN Mataram

Ketua Panitia LP2M UIN Mataram, Prof. Atun Wardatun, Ph.D. mengatakan UIN Mataram sebagai Akademisi akan berupaya sekuat mungkin untuk melakukan penelitian-penelitian melakukan inovasi-inovasi yang akan berdampak pada bidang akademik.

“Kami usahakan semaksimal mungkin untuk tetap melakukan riset akademik dalam isu masyarakat sehingga apa yang kami hasilkan bisa memberikan kebermanfaatan seluas-luasnya bagi masyarakat kita,“ katanya.

Sekretaris LP2M UIN Mataram, Dr. Muhammad Sa’i, MA., mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan agenda yang pertama kita lakukan dan mudah-mudahan menginspirasi.

“Ini adalah kegiatan pertama kita, karena tadi ada keinginan dari Dinas Perindustrian Provinsi Nusa Tenggara Barat untuk menjadikan para peneliti kita menjadi pelatih, ini menjadi sebuah kebanggaan bagi kita,” ujarnya.

Selain itu, Mahasiswa UIN Mataram, Sahri Kurniawati mengatakan bahwa kegiatan yang cukup menarik untuk dipelajari, karena bisa memperluas wawasan dan bentuk edukasi secara kolektif.
“Kita berharap supaya kegiatan ini bisa diadakalan lagi agar mahasiswa di UIN Mataram ini semakin berkembang,” tuturnya.

Kegiatan ini menjadi wujud komitmen UIN Mataram untuk berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan pemberdayaan masyarakat, melalui kolaborasi yang sangat luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *