HeadlinesUINMA

Pre Dies Natalis ke-58 UIN Mataram Ciptakan Inovasi Lulur Herbal dari Limbah Kulit Buah dalam Kolaborasi Pentahelix

Radio Sinfoni, Mataram: Pre Dies Natalis ke-58 UIN Mataram Exhibition 2024. Menghadirkan Hasil Penelitian Unggulan dalam Kolaborasi Pentahelix Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) menyelenggarakan acara Pre Dies Natalis ke-58, dengan tema “Mewujudkan Efikasi Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kolaborasi Pentahelix” Mataram (17/10/2024).

Acara ini bertujuan memperkuat kolaborasi antara akademisi, pemerintah, dunia usaha, masyarakat, dan media dalam mendukung penelitian yang berdampak langsung bagi kesejahteraan masyarakat.

Salah satu momen penting dalam acara ini adalah presentasi hasil penelitian dari UIN Mataram yang disampaikan oleh Sulistiyana, M.Si, seorang peneliti dari Fakultas Sains dan Teknologi.

Dalam paparannya, Sulistiyana mempresentasikan temuan inovatif mengenai “Komposisi Lulur Herbal Kaya Antioksidan dari Kulit Buah Naga (Hylocereus Polyrhizus) dan Kulit Buah Jeruk Manis (Citrus X Sinensis)”. Penelitian ini mengungkapkan bahwa limbah kulit buah dapat diolah menjadi lulur herbal yang kaya akan antioksidan, yang berpotensi besar digunakan dalam produk perawatan kulit alami.

Menurut Sulistiyana, “Kulit buah naga dan kulit jeruk manis memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, seperti vitamin C dan polifenol, yang mampu melawan radikal bebas serta meremajakan kulit. Ini adalah solusi inovatif yang mengubah limbah menjadi produk bermanfaat, sekaligus mendukung ekonomi sirkular.” ucapnya.

Baca Juga :  Mahasiswa Prodi PPI Duta Baca Perpustakaan UIN Mataram 2024

Tanggapan positif diberikan oleh para penanggap yang hadir. Salah satunya, perwakilan Pj.Gubernur NTB, menyatakan bahwa penelitian ini memiliki potensi besar untuk dikembangkan dalam skala industri.

“Formulasi ini bisa menjadi produk unggulan yang tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan kulit, tetapi juga berkontribusi pada pemberdayaan ekonomi masyarakat ” ungkapnya.

Acara ini menjadi bukti nyata bagaimana sinergi antara dunia akademis dan sektor lain dapat menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Dengan tema kolaborasi Pentahelix, UIN Mataram terus berkomitmen untuk memperkuat efikasi penelitian dan pengabdian masyarakat yang berdampak nyata bagi kehidupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *