Gubernur Resmikan BLKLN TKI di Lombok Tengah

Lombok Tengah – Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr. Zulkieflimansyah telah meresmikan Balai Latihan Kerja Luar Negeri (BLKLN), Kamis (21/03/2019) di Penunjak, Lombok Tengah. Peresmian gedung ini akan menjadi pusat perlindungan dan pemberdayaan masyarakat lewat sejumlah fasilitas dan ruangan. Antara lain, kamar mandi, asrama, ruang pelatihan dan ruang uji coba yang bisa menampung 300 orang calon TKI (Tenaga Kerja Indonesia) serta ruangan pejabat dan pegawai.

BLKLN juga akan menjadi pusat pelatihan dan pendidikan bagi calon tenaga kerja yang akan bekerja nantinya, seperti di Malaysia, Hongkong, Singapura Taiwan dan Timur Tengah seperti Arab Saudi.

Ihwal pendirian BLKLN menurut Gubernur, berawal dari ketika berkunjung ke Hongkong setahun yang lalu dan bertemu sejumlah TKI di kota yang terletak di bagian tenggara Tiongkok ini. Kala itu, sejumlah TKI menyampaikan aspirasi ke pemerintah agar membangun balai latihan kerja untuk TKI, sehingga TKI tidak menderita akibat berbagai masalah yang menyangkut perlindungan hukum, gaji dan dokumen.

“Harapannya, semoga duka yang mereka rasakan tidak dirasakan oleh tenaga kerja lainnya. BLKLN ini merupakan bentuk nyata dari aspirasi mereka,” kata Gubernur dalam sambutan.

Baca Juga :  Basarnas Telah Mitigasi Petensi Kedaruratan di KEK Mandalika

Gubernur Zulkieflimansyah berharap, melalui BLKLN baru ini, dapat menjadi solusi bagi calon TKI yang akan berangkat ke luar negeri melalui pelatihan yang maksimal sehingga kemampuan menjadi lebih baik.

“Balai latihan kerja ini juga di hajatkan melahirkan tenaga kerja profesional, sehingga tidak ada lagi tenaga kerja yang ilegal dan non prosedural yang akan menimbulkan masalah di kemudian hari,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua yayasan Posnaker Jose Rizal mengaku siap mendukung penuh dan mensukseskan program gubernur. “Posnaker adalah sesuatu yang wajib untuk kita adakan karena kami mengetahui Gubernur NTB punya visi-misi yang sangat ajaib, yaitu pengentasan TKI ilegal dan non prosedural, maka kita akan dukung dan siap memsukseskan visi misi pak gubernur,” katanya.

Adapun Wakil Bupati Lombok Tengah Lalu Fathul Bahri S.IP menegaskan, pentingnya peningkatan sumber daya manusia untuk meningkatkan kemajuan suatu daerah. Pun mengapresiasi program gubernur.

“Kebodohan tidak pernah menyelesaikan masalah, oleh karena itu kami mengapresiasi kinerja Gubernur NTB, semoga hajatan untuk membangun NTB bisa terwujud dengan baik lebih khusus kepada Lombok Tengah dengan adanya kawasan ekonomi khusus,” ungkapnya.

Baca Juga :  Distribusi Paket Sembako Laznas Dewan Dakwah NTB

Hadir di dalam peresmian,
Sejumlah Duta Besar/Atnaker negara-negara tetangga, BNP2TKI dan jajaran Kementrian Tenaga Kerja RI. (HERMAN HARIZ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: