Studium General Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi UIN Mataram

RADIO SINFONI, Mataram — Acara Stadium General Fakultas Dakwah dan Ilmu komunikasi (FDIK) di Auditorium Kampus II Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, Selasa (13/9/2022).

Kegiatan ini juga turut dihadiri beberapa civitas akademika seperti Prof. Dr. H. Masnun Tahir M.Ag, selaku Rektor UIN Mataram, Dr. Muhammad Saleh Ending MA, selaku Dekan FDIK UIN Mataram. Kegiatan Narasumber Stadium General ini juga mengundang beberapa narasumber dari dalam dan luar negri antara lain, peneliti dari Australia Dr. James Stevenson Bennett dan Dr. H. Ahsanul Khalik, M.H selaku Kepala Dinas Sosial Nusa Tenggara Barat. Selain itu dosen dan para mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu komunikasi juga di wajibkan untuk mengikuti kegiatan ini sehingga kuliah dialihkan ke gedung Auditorium UIN Mataram.

Kegiatan yang mengusung tema “Dakwah Moderat Dan Merawat Tradisi Akademik Untuk Memperkokoh Integrasi Kebangsaan” ini bertujuan untuk meramu latar belakang Negara Indonesia yang multi etnik, ras, dan agama menjadi satu kesatuan. Sehingga dapat menjadi ajang kampanye untuk menyatukan perbedaan dalam konteks kebangsaan. Seperti yang dikemukakan oleh Dekan FDIK UIN Mataram, Muhammad Saleh Ending, MA. dalam sesi wawancara.

Baca Juga :  WhatsApp Eror, Pengguna keluhkan Tak Bisa Kirim Chat

“Tugas kita sebagai manusia adalah mengkampanyekan semangat perbedaan dalam konteks kebangsaan kita,” katanya.

Disisi lain, Dr. H. Ahsanul Khalik, M.H selaku Kepala Dinas Sosial NTB mengatakan, kegiatan ini merupakan tradisi Ilmiah yang harus di kembangkan oleh perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Ia juga mengatakan bahwa suatu kehormatan bisa menjadi narasumber dalam kegiatan ini, karena dapat membangkitkan semangat keilmuan bagi siapapun yang hadir dalam acara tersebut termasuk dirinya pribadi.

“Sebuah kehormatan bagi saya sendiri yang di undang sebagai pembicara dalam acara stadium general ini, karena saya rasa ini dapat membangkitkan semangat keilmuan bagi siapapun yang hadir dalam acara tersebut”. Ungkapnya dalam sesi wawancara.

Kegiatan berlangsung pada pukul 08.30 sampai 12.30 WITA. Kegiatan berlangsung lancar dengan pemaparan materi dari masing-masing narasumber. Pemateri pertama yaitu Dr. H. Ahsanul Khalik, M.H dengan materi tentang Dakwah Moderat dan bagaimana Moderasi Beragama, serta bagaimana membangun tradisi akademik untuk memperkokoh Integrasi Kebangsaan. Kemudia dilanjutkan oleh pemaparan hasil penelitian dari Dr. James Stevenson Bennett, tentang Masyarakat Sasak yang hidup berdampingan dengan masyarakat Hindu Bali dengam kajian terkait sejarah Mayura dan berbagai adat istiadat yang berkembang pada masyarakat sasak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: