UNIDO Luncurkan Program Pendampingan Teknis UMKM di Lombok

FOTO-FOTO & TEKS UNIDO UNTUK SINFONI.

MATARAM, SINFONI – United Nations Industrial Development Organization (UNIDO) meluncurkan Komponen Bantuan Teknis UKM sebagai bagian dari Program Bersama PBB “ASSIST” – “Accelerating SDGs Investments in Indonesia” yang dilaksanakan oleh UNDP, UNEP, UNICEF, UNIDO dan didanai oleh UN Joint SDG Fund. Peluncuran dilakukan secara online dengan partisipasi pejabat tinggi pemerintah yang mewakili Kementerian Koperasi dan UMKM dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Acara peluncuran menandai dimulainya secara resmi fase program pendampingan teknis UNIDO. Program ini bertujuan untuk memperkuat UMKM yang aktif di industri tradisional dan asli lokal di Pulau Lombok, NTB dengan memberikan bantuan pendampingan teknis berdasarkan kebutuhan untuk meningkatkan daya saing mereka dan memungkinkan akses yang lebih luas ke pasar lokal dan eksternal. Ini akan memfasilitasi modernisasi industri yang komprehensif dan membantu meningkatkan situasi keuangan UMKM sebagai penerima manfaat, kinerja produktif mereka, strategi pemasaran dan branding, desain produk inovatif dan kompetitif yang sesuai dengan standar teknis internasional. Langkah-langkah ini diharapkan meletakkan dasar untuk memperkuat hubungan dengan sektor pariwisata dan akses ke mekanisme keuangan yang kredibel dan inovatif, seperti pinjaman yang terkait dengan SDGs.

Baca Juga :  Pelestarian Tenun Alami oleh Dina dan Hilman di Praya

Formulir aplikasi online juga disediakan untuk UMKM yang aktif di industri tradisional dan asli di Lombok, NTB. Data yang dikumpulkan akan menjadi dasar untuk memilih perusahaan penerima manfaat sebagai percontohan yang memenuhi kriteria kelayakan yang ditentukan oleh program. Batas waktu aplikasi 4 April 2022.

Untuk mendaftar, UMKM dapat mengisi formulir online berikut: https://bit.ly/UMKMUNIDO dan mengunjungi halaman Facebook resmi program“UNIDO Assist SMEs” yang menyediakan informasi terupdate tentang program secara berkala.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Bapak Esam Alqararah, Perwakilan UNIDO untuk Indonesia dan Timor-Leste, dilanjutkan dengan gambaran umum tentang program bantuan teknis UNIDO serupa yang dilaksanakan di negara lain yang disampaikan oleh Bapak Farrukh Alimdjanov, Industrial Development Officer UNIDO dan Manajer Program ASSIST. Peluncuran resmi proyek ini didukung oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Sosial dan Kemasyarakatan, Drs. H. Wirajaya Kusuma, MH yang mewakili Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat. Menyampaikan dukungannya terhadap kelancaran pelaksanaan program ini kedepannya, Bapak Luhur Pradjarto, Staf Ahli Kementerian Koperasi dan UMKM Bidang Hubungan Antar Lembaga, memberikan keynote speech yang mendorong UMKM di NTB untuk berpartisipasi aktif dalam program bantuan teknis, yang akan memungkinkan mereka untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing di tingkat global.

Baca Juga :  DEMA FTK UIN Mataram Gelar Seminat Regional Literasi Digital

Acara ini diikuti oleh 172 peserta, dimana sekitar 60% di antaranya adalah perempuan yang mewakili pemangku kepentingan dari tingkat provinsi, nasional, dan internasional, baik dari sektor publik maupun swasta, termasuk calon UMKM penerima manfaat di Nusa Tenggara Barat.

SUMBER: UNIDO UNTUK SINFONI, SENIN (12/3/2022).

 

Kunjungi

Facebook: Radiosinfoni Uinmataram

Instagram: voice.ofcampus

Youtube: UINVISUALRADIO MATARAM

Spotify: Sinfoni 107,7 MHz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: